AUDIT SISTEM INFORMASI AKTIVITAS DOSEN UNIVERSITAS XYZ MENGGUNAKAN FRAMEWORK INFORMATION TECHNOLOGY INFRASTRUCTURE LIBRARY (ITIL) V3

Repositori Jurnal Mahasiswa PTIIK UB
© 2015 by Doro Jurnal
Volume 6 - Number 5
Year of Publication: 2015
Nabella Qonita, Suprapto dan Heru Nurwarsito
Download Article

 


Abstract

Universitas XYZ mempunyai layanan SIADO sebagai layanan portal dan mempermudah pengaksesan dokumen dari dosen-dosennya. Tetapi, proses pengelolaan layanan SIADO oleh Unit TIK selaku pengelola dari layanan masih belum tertata dengan rapi sehingga dapat berpengaruh pada kinerja sistem. Maka dari itu perlu dilakukan pengelolaan layanan serta pengawasan mutu untuk mempertahankan serta meningkatkan kualitas kinerja sistem sehingga kepuasan dari pengguna juga meningkat. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan audit dan menganalisis hasil audit layanan SIADO pada Unit TIK Universitas XYZ serta menentukan rekomendasi untuk perbaikan tata kelola IT dan analisis kesenjangan dari hasil audit SIADO Universitas XYZ. Untuk mengukur tingkat kematangan pada layanan SIADO digunakan kuesioner, wawancara dan observasi pada Unit TIK. Dari dua domain ITIL yang digunakan, tingkat kematangan saat ini berada pada skala 1,1 sampai 2,2 dari skala 0 sampai 5 dengan rata-rata 1,81 dan 1,48. Sedangkan tingkat kematangan yang diharapkan oleh Unit TIK berada pada skala 3 sampai 4 dari skala 0 sampai 5. Dengan acuan tingkat kematangan saat ini maka akan diberikan rekomendasi yang dapat membantu pihak Unit TIK untuk dapat mencapai tingkat kematangan yang diharapkan kedepannya. Rekomendasi yang diberikan untuk Unit TIK antara lain dengan membuat dokumentasi berupa manual prosedur dari setiap perubahan yang ada pada SIADO dan melakukan pengukuran dan memonitor prosedur yang ada sehingga mudah ditanggulangi apabila terjadi penyimpangan.

Keywords

ITIL v3, Maturity Level, layanan SIADO, Unit TIK Universitas XYZ