Abstract
Customer Relationship Management adalah sebuah aplikasi manajemen untuk menjalin hubungan dengan pelanggan dan memberikan pelayanan yang memuaskan bagi pelanggan. Dengan adanya sistem CRM pelanggan dapat memperoleh solusi dan alternatif layanan yang cepat dan tepat. Selain itu, dengan menerapakan CRM diharapakan dapat meningkatkan pelayanan terhadap pelanggan dan menjadi salah satu alat dalam membangun hubungan antara perusahaan dengan customer yang saling menguntungkan. Konsep CRM ini diterapkan di Malang Collection menggunakan Electronic Customer Relationship Management (e-CRM). Pengunaan CRM ini dimaksudkan untuk mempermudah mendapatkan pelanggan baru dan juga meningkatkan pelayanan pada pelanggan lama yang sudah ada dengan cara mempermudah proses pembelian dan juga memberikan suggestion page atau halaman sugesti kepada para pelanggan untuk meningkatkan pelayanan. Sistem ini diuji menggunakan pengujian fungsional secara black-box dan user testing. Berdasarkan pengujian fungsional secara black-box, sistem sudah dapat berjalan dengan baik, dengan ditandai bahwa tiap-tiap fungsi sistem dapat dijalankan tanpa kesalahan. Sedangkan hasil pengujian user testing dari sudut pandang calon pelanggan dan dari sudut pandang staf layanan pelanggan cenderung positif, mayoritas berpendapat setuju dalam variabel kemudahan sistem maupun dalam variabel manfaat sistem. Ini menunjukkan bahwa sistem telah mampu menjalankan fungsi utamanya serta memberikan kemudahan dan potensi manfaat bagi calon pelanggan dan staff Malang Collection.