AUDIT LAYANAN SISTEM INFORMASI MANAJEMEN MENGGUNAKAN FRAMEWORK INFORMATION TECHNOLOGY INFRASTRUCTURE LIBRARY (ITIL) V3 (STUDI KASUS: E-GOVERNMENT DINAS KOMINFO KOTA MALANG)

Repositori Jurnal Mahasiswa PTIIK UB
© 2015 by Doro Jurnal
Volume 6 - Number 5
Year of Publication: 2015
Lidia Kristi Puji Rahayu, Suprapto dan Aditya Rachmadi
Download Article

 


Abstract

Dalam INPRES No. 3 Tahun 2003 tentang Kebijakan dan Strategi Nasional Pembangunan e-Government, disebutkan bahwa implementasi e-Government merupakan upaya penyelenggaraan kepemerintahan berbasis elektronik untuk meningkatkan kualitas layanan publik secara efektif dan efisisen. Ditinjau dari fungsi pelayanannya, e-Government berpengaruh besar terhadap proses bisnis yang berjalan. Sehingga menjadi bagian yang rawan ketika mengalami masalah. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan audit layanan sistem informasi berdasarkan kerangka kerja ITIL v3 pada ­e-government Dinas Kominfo Kota Malang. Pengukuran tingkat kematangan (Maturity Level) menggunakan kuisioner dan wawancara. Berdasarkan data yang diperoleh, tingkat kematangan saat ini berada pada level 1.23 dan 0.68 dari skala 0 sampai 5. Sedangkan tingkat kematangan yang diharapkan oleh Bidang APTIKA (Aplikasi dan Informatika) Dinas Kominfo Kota Malang berada pada level antara 3 dan 4 dari skala 0 sampai 5 dalam waktu 3-5 tahun kedepan. Berdasarkan tingkat kematangan saat ini maka akan diberikan susunan rekomendasi yang dapat membantu Pihak Kominfo untuk dapat mencapai tingkat kematangan yang diharapkan di masa yang akan datang. Rekomendasi yang diberikan untuk Bidang APTIKA antara lain melakukan setiap proses yang sesuai dengan kerangka kerja ITIL, melakukan dokumentasi dari setiap proses yang dilakukan, dan pemberian pelatihan kepada seluruh staff.

Keywords

ITIL v3, Maturity Level, Dinas Kominfo Kota Malang, Bidang APTIKA