ANALISA DAN PERANCANGAN CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT (CRM) SUB DOMAIN SALES FORCE AUTOMATION DAN REPORTING PADA BISNIS CLOTHING LINE

Repositori Jurnal Mahasiswa PTIIK UB
© 2014 by Doro Jurnal
Volume 3 - Number 5
Year of Publication: 2014
Ahmad Azeri C B, Yusi Tyroni Mursityo dan Denny Sagita R.
Download Article

 


Abstract

Customer Relationship Management (CRM) adalah salah satu bentuk konsep strategi bisnis untuk meningkatkan keuntungan dan penghasilan perusahaan, yang didasarkan atas penilain customer-centric. Pada penelitian ini, penulis melakukan sebuah analisa dan perancangan sistem informasi berkonsep CRM ke perusahaan clothing line The Pantjing Apparel. The Pantjing Apparel, pada praktek kesehariannya tidak melakukan pencatatan otomatis atas data-data pelanggannya, selain hanya mengandalkan catatan manual. Penulis, dalam penelitian ini, mencoba untuk mengubah konsep lama tersebut dan memperbaharuinya dengan konsep baru yang berbasiskan CRM. Dalam analisa dan perancangan sistem informasi yang baru ini, penulis hanya memfokuskan perancangan pada operational function CRM Sales Force Automation dan Reporting Automation. Berdasarkan pengujian black-box, sistem sudah dapat memenuhi proses bisnis yang dideskripsikan, dengan ditandai bahwa tiap-tiap fungsi sistem dapat dijalankan tanpa error. Berdasarkan pengujian user accpetance test, 56,36% Customer berpendapat setuju dalam variabel kemudahan sistem dan 45% berpendapat setuju dalam variabel manfaat sistem. Ini berarti sistem sudah dapat diterima dengan baik oleh Customer. Dan berdasarkan pengujian user acceptance test, 66,67% Staff Penjualan dan Owner berpendapat sangat setuju dalam variabel kemudahan sistem dan 66,67% berpendapat setuju dalam variabel manfaat sistem. Ini menunjukkan bahwa sistem juga telah diterima dengan baik oleh Staff Penjualan dan pihak Owner The Pantjing Apparel.

Keywords

sistem informasi, customer relationship management, clothing line