Abstract
Saat ini, pelayanan atas permintaan pembuatan surat di Kantor Balai Desa Karangsemanding masih membutuhkan waktu yang lama karena semua proses masih dilakukan dengan cara manual. Sistem pengarsipan surat masuk dan surat keluar hanya ditulis dalam buku agenda sebagai arsip. Sistem yang ada tersebut memiliki kelemahan diantaranya memungkinkan adanya kesalahan pencatatan informasi surat masuk dan surat keluar. Penelitian ini bertujuan untuk merancang sebuah sistem informasi desa (SIDESA) untuk memudahkan proses pelayanan pembuatan dan pengarsipan surat yang diadopsi dari Aplikasi Administrasi Perkantoran MAYA (siMAYA). siMAYA merupakan aplikasi e-office yang mendigitalisasi kegiatan perkantoran dengan fitur sistem surat menyurat, pengendalian surat masuk dan surat keluar yang sudah sesuai dengan tata naskah dinas. Untuk menunjang penelitian ini, metode pengumpulan data dilakukan dengan observasi, studi literatur dan wawancara. Prototype akan diuji dengan pengujian fungsional untuk memastikan semua kebutuhan fungsional berjalan dengan baik. Berdasarkan hasil pengujian fungsional, didapatkan bahwa 100% sistem ini valid sesuai dengan yang diharapkan.