ANALISIS SISTEM PENDUKUNG SOSIALISASI PADA CREDIT UNION (CU) BAHTERA SEJAHTERA UNIT TULUNGAGUNG

Repositori Jurnal Mahasiswa PTIIK UB
© 2016 by Doro Jurnal
Volume 7 - Number 5
Year of Publication: 2016
Fernandus Ardian S., Diah Priharsari dan Ismiarta Aknuranda
Download Article

 


Abstract

Sosialisasi merupakan bagian dari proses komunikasi untuk menyampaikan informasi yang menjadi sumber pengetahuan bagi masyarakat. Credit Union (CU) Bahtera Sejahtera merupakan sebuah lembaga koperasi yang berada di Tulungagung dengan cabang di Madiun yang menggunakan media sosialisasi untuk menyampaikan informasi kepada sekelompok masyarakat atau kelompok usaha lainnya. Namun dalam perkembangannya, sosialisasi tersebut tidak berjalan dengan baik dan banyak anggota koperasi yang bergabung tanpa mengikuti sosialisasi sehingga mereka tidak sanggup menjalankan kewajiban dan tanggung jawab sebagai anggota koperasi.

Pada penelitian ini akan dilakukan analisis aktivitas dan akar penyebab munculnya masalah yang menjadi penyebab tujuan sosialisasi tidak tercapai. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah metode studi kasus yang berfokus pada inti masalah dengan mengumpulkan informasi dari berbagai sumber. Hasil dari penelitian yang dilakukan adalah akar penyebab dari beberapa aktivitas yang menjadi masalah serta kondisi yang menjadi penyebab munculnya permasalah tersebut, yang selanjutnya membutuhkan perbaikan dengan beberapa pilihan alternatif solusi.

Alternatif solusi yang dihasilkan disesuaikan dengan kemampuan yang dimiliki CU Bahtera Sejahtera dan kemudian dilakukan diskusi dengan manajer untuk memilih alternatif solusi yang sesuai dengan kriteria. Alternatif solusi terpilih selanjutnya diterapkan dengan pembuatan sistem perangkat lunak disertai perubahan dan penambahan proses bisnis sosialisasi yang baru untuk mendukung sistem perangkat lunak tersebut. Proses pembuatan sistem perangkat lunak pada penelitian ini telah mencakup analisis persyaratan dan pembuatan rancangan awal dari antarmuka pengguna.

Keywords

Sosialisasi, Credit Union, Metode Studi Kasus