PENENTUAN JURUSAN SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN MENGGUNAKAN METODE FUZZY ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS (F-AHP) (STUDI KASUS: SMK NEGERI 11 MALANG)

Repositori Jurnal Mahasiswa PTIIK UB
© 2016 by Doro Jurnal
Volume 7 - Number 4
Year of Publication: 2016
Alfita Rakhmandasari, Indriati dan Achmad Ridok
Download Article

 


Abstract

Pada setiap tahun ajaran baru, sekolah disibukkan dengan penerimaan siswa baru di mana terdapat berbagai macam kualitas yang dimiliki siswa. Kualitas siswa menentukan kualitas dan prestasi sekolah. Dalam hal ini, banyaknya jurusan yang dimiliki oleh SMK Negeri 11 Malang menimbulkan kendala dalam penentuan jurusan bagi calon siswa. Proses penentuan jurusan yang masih dilakukan secara manual dan berdasarkan minat siswa menyebabkan calon siswa tidak berada pada jurusan yang sesuai kemampuannya. Hal ini berdampak pada tingkat kesulitan siswa dalam memahami materi yang diajarkan dan menyebabkan kualitas siswa dan kualitas sekolah tidak maksimal. Maka dari itu, dilakukan penelitian dengan menerapkan metode Fuzzy Analytical Hierarchi Process dalam penentuan jurusan SMK agar pilihan sesuai dengan kemampuan siswa. Metode ini digunakan agar dapat menentukan jurusan berdasarkan kriteria-kriteria yang ditentukan. Berdasarkan pengujian akurasi terhadap sistem sebenarnya hanya 16.67% dan pengujian validasi data yang dibandingkan dengan hasil pembelajaran satu tahun sebesar 40.52%.

Keywords

Penentuan Jurusan SMK, Fuzzy, AHP, F-AHP.