RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI PELAYANAN MEDIS PUSKESMAS MELIPUTI PELAYANAN DOKTER, APOTEK DAN MEDICAL CHECK UP (STUDI KASUS : PUSKESMAS PERAK)

Repositori Jurnal Mahasiswa PTIIK UB
© 2015 by Doro Jurnal
Volume 6 - Number 4
Year of Publication: 2015
Mohammad Isrofil Dwi Rizqi, Fajar Pradana dan Gembong Edhi Setyawan
Download Article

 


Abstract

Setiap hari Puskesmas perak melakukan aktivitas pelayanan medis dengan menerima banyak pasien untuk berobat atau melakukan pemeriksaan medical check up, namun dalam informasi pengolahan data pasien, sistem tidak berjalan dengan baik sehingga pelayanan menjadi lambat. Masalah yang sering terjadi adalah masalah di saat menerima pendaftaran pasien, data pemeriksaan pasien, data rujukan pemeriksaan uji laboratorium (medical check up), serta transaksi pembayaran.

Dari penjabaran permasalahan di puskesmas perak, dapat disimpulkan beberapa kekurangan kualitas informasi yang dihasilkan yaitu : Aksebilitas, keakuratan, kelengkapan dan kejelasan. Selain itu, bagian admin, dokter, laboratorium dan apotek belum terintegrasi dengan baik, sehingga puskesmas perak memerlukan aplikasi atau sistem informasi yang mampu menangani masalah administrasi dengan benar dan cepat. Sistem ini menggunakan beberapa pengujian diantaranya menggunakan sistem pengujian blackbox  yang mengamati tampilan luar dan fungsionalitas dari sistem.

Keywords

Pelayanan Medis, Medical Check Up, Terintegrasi, Blackbox