Abstract
Ketersediaan jumlah darah merupakan salah satu tugas penting dari UDD (PMI-Gresik). Upaya dalam menjalankan tugasnya adalah selalu menjaga jumlah dan kualitas darah yang tersedia untuk memenuhi kebutuhan pasien (resipien). Kurangnya ketersediaan darah disebabkan karena masyarakat yang tidak memahami pentingnya donor darah, oleh sebab itu UDD (PMI-Gresik) melakukan berbagai macam upaya. Salah satu upaya yang telah dilakukan adalah meningkatkan kualitas pelayanan. Peningkatan kualitas pelayanan dilakukan dengan strategi Customer Relationship Management (CRM). Strategi CRM merupakan strategi pemasaran yang membangun relasi yang erat antara perusahaan dengan para pelanggannya. Pada penelitian ini, penulis melakukan perancangan sistem informasi menggunakan strategi CRM berbasis web dengan metode Service Oriented Architecture (SOA). Penulis dalam hal ini akan mengombinasikannya dengan modul-modul yang telah disediakan oleh sistem Informasi di UDD (PMI-Gresik). Perancangan web CRM yang menerapkan metode SOA ini untuk mempermudah akses data antar aplikasi. Proses pengujian penelitian ini menggunakan metode pengujian Black-box, aplikasi berjalan dengan baik dan hasilnya sesuai dengan yang diharapkan.