Abstract
Institut Teknologi Nasional (ITN) Malang merupakan satu perguruan tinggi yang berada di Kota Malang. ITN Malang termasuk institut unggulan yang telah dikenal secara nasional. Di era serba komputer seperti saat ini telah menuntut segala bidang untuk turut menggunakan teknologi dan sistem informasi, tidak terkecuali di bidang pendidikan. Dalam dunia pendidikan tidak menutup adanya persaingan, hal itu terlihat dari sisi akreditasi, prestasi mahasiswa, dan popularitas. Sistem informasi menjadi salah satu aspek yang dapat membantu institusi pendidikan dalam bersaing, ITN memiliki Sistem Informasi Akademik (SIAKAD) yang menjadi portal informasi dari segala hal mengenai keakademikan mahasiswa. Permasalahan yang biasa terjadi adalah data error yang dapat disebabkan oleh human error. Oleh karena itu, perlu adanya sebuah kontrol terkait sistem informasi terhadap nilai layanan dalam mencapai proses bisnis ITN. Evaluasi dilakukan dengan menggunakan ITIL framework V3. Maturity level untuk domain SO dan CSI saat ini berada pada level 2, sedangkan untuk tingkat kematangan yang diharapkan oleh Unit SIM selaku pengelola SIAKAD pada level 4, sehingga akan muncul kesenjangan (Gap Analysis). Dengan acuan tingkat kematangan yang ada saat ini maka akan diberikan rekomendasi yang dapat membantu Unit SIM dalam mencapai level yang diharapkan.