Abstract
Persaingan dalam dunia bisnis menuntut Toko Buku Sarjana untuk dapat terus mempertahankan eksistensinya dengan mengikuti pertimbangan teknologi. Toko Buku Sarjana, pada praktek kesehariannya tidak melakukan proses penjualan secara online mengharuskan customer yang ingin membeli buku datang langsung ke Toko Buku Sarjana, dan pada proses promosi Toko Buku Sarjana masih menggunakan selebaran dan banner sebagai suatu usaha untuk mempromosikan produk terbaru yang ada pada Toko Buku Sarjana. Dalam penelitian ini penulis mencoba untuk mengubah konsep lama tersebut dan memperbaruinya dengan konsep baru yang berbasiskan CRM. Penerapan Customer Relationship Management (CRM) dimaksudkan dapat menjadi solusi untuk memperluas jangkauan pemasaran dan mempermudah proses pelayanan kepada customer. Dalam pembangunan sistem penjualan dan pemasaran, penulis hanya memfokuskan perancangan pada operational function CRM Sales Force Automation dan Marketing Automation. Penggunaan metode Framework for the Application of System Technique (FAST) dalam proses pengembangan perangkat lunak ini bertujuan untuk mempermudah dalam memahami dan menganalisis kebutuhan pengguna, memberikan solusi yang layak, hingga pembuatan sistem yang lebih terorganisir.