EVALUASI DAN PERANCANGAN ULANG KUESIONER ONLINE PENILAIAN DOSEN PADA SISTEM INFORMASI AKADEMIK MAHASISWA UNIVERSITAS BRAWIJAYA

Repositori Jurnal Mahasiswa PTIIK UB
© 2016 by Doro Jurnal
Volume 8 - Number 4
Year of Publication: 2016
Rayyan Ramadhan dan Ismiarta Aknuranda
Download Article

 


Abstract

Kuesioner Online Penilaian Dosen (KUDOS) merupakan salah satu fitur yang terdapat pada Sistem Informasi Akademik Mahasiswa (SIAM) Universitas Brawijaya, yang bertujuan memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk memberi penilaian terhadap proses pembelajaran yang diberikan oleh dosen. Namun dalam penerapannya, ditemukan beberapa permasalahan yang menyebabkan kuesioner menjadi tidak nyaman untuk diisi, sehingga dikhawatirkan hasil yang diperoleh dari kuesioner menjadi tidak sesuai dengan kenyataan. Fokus yang dilakukan pada penelitian ini yaitu melakukan evaluasi dan memberikan rekomendasi perancangan ulang terhadap desain antarmuka pengguna dengan menggunakan metode User-Centered Design (UCD) dimana pada metode ini akan melibatkan pengguna dalam setiap tahapan pengembangannya. Hasil evaluasi yang dilakukan terhadap 45 orang pengguna KUDOS, didapati beberapa permasalahan dari aspek tampilan, bagian isi, prioritas data dan respon pengguna. Diantara beberapa permasalahannya yaitu tampilan kuesioner online yang terlalu panjang, penggunaan font yang terlalu kecil, renggang jarak (spasi) antar kata dan antar soal yang terlalu berdekatan, tidak adanya indent (tulisan yang menjorok ke dalam) pada pilihan jawaban dan tampilan kuesioner secara keseluruhan yang monoton. Selain mengutarakan permasalahan terkait kuesioner, responden juga memberikan saran atas perbaikan desain yang diinginkan. Hasil akhir perancangan berupa 3 rekomendasi desain yang didasari dengan menerapkan saran-saran yang diberikan, mengikuti pedoman dalam pembuatan kuesioner online, dan mengadopsi tampilan-tampilan kuesioner online yang digunakan pada perusahaan-perusahaan professional. Diharapkan rekomendasi desain yang baru dapat memberikan kenyamanan bagi pengguna dalam melakukan pengisian kuesioner kedepannya.

Keywords

evaluasi, kuesioner online, Sistem Informasi Akademik Mahasiswa, User-Centered Design, perancangan antarmuka pengguna.