Abstract
Pendidikan merupakan suatu kegiatan yang penting sebagai bekal seseorang untuk menjadi pribadi yang unggul memiliki ketrampilan dalam bidang akademik maupun non akademik. Dibutuhkan seorang guru yang profesional dengan tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, menilai, melatih, dan mengevaluasi peserta didik. Untuk mencapai tujuan dan kebutuhan tersebut maka dilakukan pemilihan guru berprestasi sebagai pendorong motivasi, dedikasi, loyalitas dan profesionalisme serta bisa meningkatkan mutu guru dalam melaksanakan tugas guru secara maksimal. Untuk menentukan seorang guru yang layak mendapatkan penghargaan guru berprestasi secara umum pelaksanaannya telah berlangsung dengan baik sesuai dengan kriteria yang telah ditetapkan tetapi masih kurang maksimal dalam hal pengambilan keputusan karena masih dilakukan secara manual tentu saja cara ini masih kurang efektif dan efisien serta belum menggunakan sistem yang terkomputerisasi, untuk membantu proses tersebut maka diperlukan suatu sistem yang digunakan sebagai alat bantu untuk mempermudah penyelenggara serta membuat proses pemilihan lebih efisien dan efektif. Diperlukan suatu sistem yang dapat membantu untuk menentukan guru berprestasi. Sistem yang digunakan untuk pemilihan guru berprestasi menerapkan Metode Analytic Hierarchy Process (AHP) yang digunakan sebagai proses pembobotan setiap kriteria dan Technique For Others Reference by Similarity to Ideal Solution (TOPSIS) yang digunakan sebagai perangkingan alternatif guru berprestasi dan digunakan untuk menentuka guru berprestasi. Hasil pengujian fungsional yang didapat adalah 100%, sedangkan untuk pengujian akurasi didapatkan tingkat akurasi 81,45%. Dapat disimpulkan bahwa sistem telah berjalan dengan baik dan metode AHP-TOPSIS dapat diterima untuk digunakan dalam pemilihan guru berprestasi.