ANALISIS DAN PERANCANGAN SISTEM INFORMASI CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT (CRM) PADA CV. MUTIARA

Repositori Jurnal Mahasiswa PTIIK UB
© 2014 by Doro Jurnal
Volume 3 - Number 4
Year of Publication: 2014
Mufaroha, Satrio Agung Wicaksono dan Aditya Rachmadi
Download Article

 


Abstract

Customer Relationship Management (CRM) adalah salah satu strategi bisnis untuk meningkatkan keuntungan, penghasilan, dan kepuasan konsumen dengan cara mengatur segmentasi konsumen dan cara memberikan perlakuan terhadap konsumen. Pada penelitian ini, yang berkaitan dengan CRM dilakukan terhadap proses bisnis di CV. Mutiara yang bergerak dalam bidang konveksi untuk mengatasi permasalahan mengenai bagaimana cara perusahaan memperluas pemasaran, mendapatkan pelanggan baru dan mempertahankan loyalitas pelanggan yang ada. Pada penelitian ini digunakan metode Enterprise Architecture Planning (EAP) sebagai metode pengembangan sistemnya. EAP adalah suatu metode pendekatan perencanaan kualitas data yang beorientasi pada kebutuhan bisnis. Pada dasarnya EAP bukan merancang bisnis dan arsitekturnya, tetapi mendefinisikan kebutuhan bisnis dan arsitekturnya. Setelah dilakukan analisis menggunakan metode EAP, didapatkan analisa fungsi – fungsi yang dibutuhkan oleh perusahaan. Berdasarkan pengujian menggunakan black-box, fungsi pada sistem berjalan sesuai dengan harapan. Sedangkan pengujian mengunakan user acceptance test menunjukkan bahwa sistem dapat diterima dengan baik oleh pelanggan dengan persentase pada variable kemudahan sebesar 46 % dan variabel manfaat sebesar 50 %.

Keywords

sistem informasi, customer relationship management, enterprise architecture planning