Aplikasi SMS Gateway pada Sistem Antrian Pasien di Poli Rumah Sakit Lavalette

Repositori Jurnal Mahasiswa PTIIK UB
© 2013 by Doro Jurnal
Volume 1 - Number 3
Year of Publication: 2013
Cantika Nur Previana, Arief Andy Soebroto dan Ismiarta Aknuranda
Download Article

 


Abstract

Alat komunikasi berfungsi sebagai alat untuk pemberi informasi. Sistem informasi merupakan hal yang sangat diperlukan dalam sebuah perusahaan. Kualitas pelayanan yang semakin baik akan meningkatkan kepercayaan pasien dan masyarakat terhadap kualitas pelayanan rumah sakit. Salah satu untuk meningkatkan pelayanan rumah sakit adalah dengan mengurangi waktu antrian pasien. Problema antrian yang cukup lama dapat diselesaikan dengan bantuan aplikasi SMS Gateway. Solusi ini untuk meningkatkan pelayanan pasien rumah sakit. Hanya dengan mengirimkan SMS dengan format tertentu, pasien dapat menerima nomor antrian dokter yang dipilih. Dengan demikian, pasien dapat datang ke rumah sakit Lavalette sesuai dengan waktu nomor antrian, tanpa menunggu terlalu lama di ruang tunggu pasien. Perancangan yang digunakan yaitu analisis kebutuhan dan perancangan perangkat lunak. Analisis kebutuhan perangkat lunak terdiri dari gambaran umum perangkat lunak, identifikasi aktor, analisis data, penjabaran daftar kebutuhan dan memodelkannya dalam diagram use case. Perancangan perangkat lunak terdiri dari ERD, diagram sequence, dan perancangan algoritma. Perangkat lunak SMS Gateway pada Sistem Antrian Pasien di Poli Rumah Sakit Lavalette ini diimplementasikan menggunakan bahasa pemrograman Java yang terintegrasi dengan database MySQL. Pengujian yang digunakan yaitu pengujian validasi, pengujian performa, dan pengujian tingkat kenyamanan pasien. Hasil pengujian validasi yaitu 100% yang menunjukkan bahwa fungsionalitas sistem dapat berjalan dengan baik sesuai dengan daftar kebutuhan. Hasil pengujian performa didapat hasil yang baik dengan ditunjukkannya lama waktu tunggu auto-reply rata – rata sebesar 39.6 seconds, sehingga konfirmasi antrian dapat berjalan dengan cepat. Hasil pengujian tingkat kenyamanan pasien adalah terjadi penurunan rata-rata lama waktu pasien menunggu sebelum dan sesudah penggunaan aplikasi selama 18.6 menit, dari 69.8 menit menjadi 51.2 menit. Hal ini dipengaruhi oleh adanya rata-rata waktu tunggu pasien pengguna SMS Gateway adalah 5.52 menit. Sehingga dapat disimpulkan bahwa waktu tunggu pasien di Rumah Sakit, berbanding terbalik dengan tingkat kenyamanan pasien. Hal ini berarti bahwa tingkat kenyamanan pasien akan semakin meningkat.

Keywords

SMS Gateway, sistem antrian, Rumah Sakit Lavalette