Abstract
Katato Home Industry adalah Perusahaan yang bergerak di bidang produksi tas. Pelanggan dari Katato Home Industry terdiri dari banyak pelanggan dengan aktifitas transaksi yang berbeda-beda. Selama ini banyak terjadi pelanggan yang memutus hubungan dan berhenti berlanggan dengan perusahaan tanpa sebab yang jelas. Padahal perusahaan telah melakukan pelayanan dan promosi yang baik dan sama pada semua pelanggan tersebut tanpa terkecuali. Karena Hal Tersebut, Penulis melakukan perancangan Sistem Informasi Pengelompokan pelanggan dengan Menggunakan Metode LRFM (Length, Recency, Frequency, Monetary) yang bertujuan dalam mengetahui kelompok-kelompok pelanggan dan CLV (Customer Lifetime Value) untuk mengetahui nilai atau harga dari masing-masing pelanggan Katato Home Industry. Dengan mengetahui kelompok pelanggan, maka perusahaan dapat menentukan langkah selanjutnya seperti jenis pelayanan yang tepat pada pelanggan dengan kelompok tertentu. Hasil yang didapatkan dari penelitian ini adalah sistem informasi berupa aplikasi web yang dapat melakukan pengolahan data dengan metode LRFM dan CLV untuk menentukan pelanggan menjadi 5 jenis yaitu Core Customers, Potential Customers, Lost Customers, New Customers, dan Consuming Resource Customers.