Abstract
CV.HASTA KARYA PASURUAN selalu melakukan banyak duplikat arsip dalam melakukan pelaporan transaksi jual beli tanah. Arsip yang terkait adalah arsip penjualan (transaksi) dan AJB (Akte Jual Beli). Arsip penjualan dan AJB dimasukkan dalam gudang arsip khusus yang terletak di kantor utama pemilik CV. Penyimpanan arsip secara fisik menimbulkan kendala dalam proses pencarian dan memerlukan ruangan dan penyimpanan data yang sangat besar. Proses tersebut membuat alur distribusi data menjadi kurang cepat dan akurat yang akhirnya dapat memperlambat proses transaksi serta tidak terpenuhinya kebutuhan akan laporan-laporan untuk setiap pengambilan keputusan oleh para pegawai maupun pihak penjual, banyaknya waktu yang terbuang untuk pencarian arsip dalam gudang membuat proses transaksi terbilang lama, kurang ekonomis, dan efisien. Identifikasi perbaikan dari proses bisnis menggunakan metode Business Proses Improvement (BPI) dan pembuatan tabel alur proses bisnis menggunakan BPMN. Sistem Informasi CV dibangun dengan Framework CI dan diuji kualitasnya menggunakan pengujian usability. Hasil dari pengujian usability testing ditunjukkan dengan nilai rata-rata pengguna yang mempunyai persepsi positif yang tinggi dari sistem informasi (≥4). Hasil analisa dan pengujian fit/gap dengan kriteria automated bernilai 75% lebih unggul daripada proses bisnis sebelum perbaikan yaitu dengan nilai simplify 73%. Dengan begitu secara keseluruhan sistem sangat bermanfaat dan memenuhi kebutuhan pengguna.