RANCANG BANGUN GAME EDUKASI BIOLOGI SMA PENGENALAN KLASIFIKASI HEWAN

Repositori Jurnal Mahasiswa PTIIK UB
© 2016 by Doro Jurnal
Volume 7 - Number 2
Year of Publication: 2016
Fadel Trivandi Dipantara, Eriq Muh. Adams Jonemaro dan Wibisono Sukmo Wardhono
Download Article

 


Abstract

Abstrak

Pengenalan terhadap berbagai spesies makhluk hidup sangat penting untuk dipelajari karena manfaatnya untuk kepentingan manusia, seperti bahan pangan, papan, sandang, dan obat-obatan. Penelitian ini bertujuan untuk membangun sebuah game edukasi yang menarik dan dapat digunakan untuk mengenalkan klasifikasi hewan pada siswa SMA. Metode yang digunakan pada perancangan dan implementasi game edukasi ini adalah rapid with iterative prototyping. Proses perancangan dikerjakan dengan MDA framework, paper prototyping, dan playtesting, dan evaluasi. Proses implementasi dilakukan dengan menggunakan game engine Unity dengan bahasa pemrograman C#, dilanjutkan dengan evaluasi berupa quality assurance & playtesting. Proses pengujian menggunakan metode white box basis path testing, dan metode black box test flow diagram, dan focus testing. Dari hasil analisis pengujian dengan basis path testing, diperoleh kesimpulan bahwa unit modul dari program sudah memenuhi kebutuhan fungsional pada rancangan. Dari pengujian dengan test flow diagram diperoleh kesimpulan bahwa fungsionalitas permainan telah memenuhi kebutuhan, dan dari pengujian dengan 72% siswa lebih cenderung menyatakan permainan sudah menarik, dan 94% siswa lebih cenderung menyatakan game edukasi membantu mereka mengenal dan mempelajari klasifikasi hewan

Keywords

Klasifikasi Hewan, Game Edukasi, Rapid with Iterative Prototyping, MDA Framework, Paper Prototyping, Unity Game Engine, Game Testing