RANCANG BANGUN GAME SEBAGAI TERAPI COGNITIVE BEHAVIOUR PADA PENDERITA ATTENTION DEFICIT HYPERACTIVITY DISORDER (ADHD) MENGGUNAKAN KINECT

Repositori Jurnal Mahasiswa PTIIK UB
© 2014 by Doro Jurnal
Volume 3 - Number 2
Year of Publication: 2014
Ika Kusumaning Putri, Eriq Muh. Adams Jonemaro dan Aditya Rachmadi
Download Article

 


Abstract

Attention Deficit Hyperactivity Disorder (ADHD) merupakan gangguan perkembangan peningkatan aktifitas motorik sehingga menyebabkan aktifitas yang tidak lazim dan cenderung berlebihan. Penderitanya seringkali mendapat kesulitan dalam memahami instruksi dan mengingat sesuatu. ADHD merupakan penyakit yang tidak dapat disembuhkan. Penyakit ini hanya dapat dikurangi gejalanya dengan terapi, salah satunya adalah terapi cognitive behaviour. Berdasarkan pada permasalahan tersebut, penulis membuat game AGTA (Aplikasi Game Terapi ADHD) yang membantu meningkatkan konsentrasi penderita ADHD. Game AGTA menerapkan teknik interaksi alami dengan memproses setiap gerakan tangan pemain memanfaatkan sensor Kinect. Tujuan dari aplikasi ini untuk meningkatkan daya fokus penderita ADHD melalui implementasi terapi cognitive behaviour sehingga dapat melakukan kegiatan layaknya manusia pada umumnya. Game dirancang dengan melalui dua tahapan yaitu game concept design dan technical design. Implementasi permainan ini menggunakan bahasa pemrograman C# dan menggunakan framework XNA. Permainan ini diaplikasikan pada platform desktop dengan menggunakan sensor Kinect untuk mendeteksi anggota tubuh. Pengujian aplikasi ini menggunakan metode white-box testing dengan strategi pengujian unit dan pengujian integrasi serta metode black-box testing dengan strategi pengujian validasi. Pengujian performa permainan dilakukan melalui pengujian FPS (Frame Per Second) dan dihasilkan nilai rata-rata FPS game yaitu 54 FPS. Dari hasil pengujian didapatkan kesimpulan bahwa permainan ini telah memenuhi kebutuhan fungsional dan non fungsional.

Keywords

ADHD, terapi, cognitive behaviour, Kinect