RANCANG BANGUN NPC (NON-PLAYER CHARACTERS) PADA GAME BERGENRE TOWER DEFENSE

Repositori Jurnal Mahasiswa PTIIK UB
© 2014 by Doro Jurnal
Volume 3 - Number 2
Year of Publication: 2014
Hanas Subakti, Eriq Muh. Adams Jonemaro dan Novanto Yudistira
Download Article

 


Abstract

Tower Defense merupakan game yang bertipe Real Time Strategy. Game Tower Defense mempunyai dua objek NPC yaitu Enemy yang bertugas menyerang daerah pertahanan pemain dan Tower untuk menghadang Enemy. Dalam membuat game bertipe Real Time Strategy faktor yang mempengaruhi ketertarikan user dalam memainkan game ini yaitu NPC. Oleh karena itu, perlu diperhatikan proses dalam membangun dan merancang NPC dalam game Tower Defense. Dalam penelitian ini, perancangan NPC pada game Tower Defense meliputi analisa gameplay, identifikasi NPC, Identifikasi behaviour NPC, dan merancang implementasi kecerdasan buatan pada NPC. Implementasi behaviour pada NPC Enemy menggunakan pathfinding A Star untuk mencari jalur terpendek yang dilewati menuju titik akhir. Pada NPC Tower behaviour chasing menggunakan teknik Line of Sight dan behaviour state machine menggunakan Finite State Machine agar Tower dapat mencari Enemy yang berada dalam jarak jangkaunya dan meningkatkan kemampuan dan kekuatan Tower. Pengujian frame rate dan Memory yang dibutuhkan pada 10 uji coba dalam 2 skenario, membuktikan NPC telah berjalan sesuai dengan perancangan dengan performa optimal. Penelitian ini akan memberikan panduan kepada pengembang game pemula untuk membangun NPC pada game Tower Defense pada mobile game.

Keywords

Tower, Enemy, Defense, NPC, behaviour.