IMPLEMENTASI DINAMIKA PENERBANGAN QUADCOPTER PADA LINGKUNGAN MAYA 3D

Repositori Jurnal Mahasiswa PTIIK UB
© 2016 by Doro Jurnal
Volume 7 - Number 2
Year of Publication: 2016
Narendra Sulaksono, Eriq Muh. Adams Jonemaro dan Gembong Edhi Setyawan
Download Article

 


Abstract

Quadcopter adalah jenis helikopter yang memiliki 4 rotor. Pengembangan spesifikasi baru sebuah quadcopter memerlukan banyak waktu dan uang dikarenakan kerusakan saat melakukan uji coba penerbangan. Untuk meminimalisasi biaya uji coba ini dapat dibuat simulasi virtual tiga dimensi yang meniru pergerakan quadcopter setelah desain spesifikasi quadcopter didapatkan. Simulasi dibuat menggunakan game engine Unity3D dan menggunakan physic engine bawaan dari Unity untuk simulasi pergerakan secara fisika. Rumus mekanika klasik newton dapat digunakan untuk mensimulasikan efek dorongan dan putaran pada baling-baling virtual yang digunakan untuk menggerakan quadcopter. Hasil implementasi ini adalah sebuah simulasi virtual tiga dimensi yang meniru pergerakan quadcopter. Spesifikasi yang dapat dirubah pada simulasi ini adalah massa, kecepatan putaran maksimal dan tipe baling-baling yang dipilih. Simulasi ini diuji menggunakan teknik whitebox untuk pengujian source code yang menghasilkan hasil valid untuk perhitungan dorongan dan putaran, selain itu diuji performa aplikasi menggunakan teknik FPS Benchmarking dan menghasilkan simulasi yang berjalan rata-rata dalam kecepatan 59 FPS

Keywords

Simulasi, Quadcopter, game engine Unity