Implementasi Algoritma Eller Untuk Maze Generator Pada Game “Lost in Maze”

Repositori Jurnal Mahasiswa PTIIK UB
© 2014 by Doro Jurnal
Volume 3 - Number 2
Year of Publication: 2014
Aang Samsudy, Eriq Muh. Adams Jonemaro dan Novanto Yudistira
Download Article

 


Abstract

Pembuatan jalur sangat penting untuk membentuk sebuah maze. Namun semakin banyak maze yang dibuat maka waktu pembuatannya pun semakin lama. Maka dalam pembuatan jalur digunakan sebuah generator yang bisa menghasilkan maze secara otomatis sehingga jalur yang ada menjadi beragam dan tingkat kesulitannya pun menjadi berbeda pula. Maze yang dihasilkan harus merupakan sebuah maze yang terselesaikan yaitu maze yang mempunyai jalur dari pintu masuk sampai pintu keluar. Algoritma Eller merupakan salah satu algoritma untuk membuat Maze. Algoritma Eller membuat maze satu baris tiap waktu, dan ketika maze telah dibentuk maka algoritma ini tidak kembali ke baris sebelumnya. Algoritma eller ini membuat maze dengan membentuk jalur untuk cell-cell pada tiap-tiap baris. Ketika sebuah baris telah terbentuk lalu dari baris tersebut akan dibuat jalur ke baris selanjutnya. Pada pengujian implementasi algoritma Eller untuk maze generator pada Game Lost in Maze berhasil 100 % membentuk maze. Implementasi algoritma Eller untuk maze generator pada Game Lost in Maze bisa membentuk maze secara cepat, terlihat dari maze berukuran 100 x 100 hanya 33 milisecond. Semakin besar gridnya semakin besar memori yang dibutuhkan. Peningkatan memori terendah terlihat sebesar 0,18 MB dan peningkatan memori terbesar 1,9 MB. Rata-rata peningkatan memori adalah 1,038 MB.

Keywords

Maze, labirin, game, eller, generator