Abstract
Persaingan didalam bisnis membutuhkan suatu strategi agar dapat meningkatkan penjualan. Strategi bisnis dapat dilakukan dengan segmentasi pasar berdasarkan aspek demografis dengan menganalisa karakteristik pembeli mobil berdasarkan parameter jenis kelamin dan rentang umur pada data transaksi penjualan sehingga diperoleh informasi sesuai dengan permintaan pasar. Penggalian data cukup efektif untuk mengetahui adanya serangkaian pola informasi dari data dalam jumlah besar. Dalam penelitian ini, penggalian dilakukan terhadap data transaksi penjualan dealer mobil. Sistem akan melakukan pencarian aturan asosiasi dengan tahap awal adalah mencari frequent itemset dengan menerapkan algoritma fp-growth. Kemudian dari frequent itemset tersebut akan dilakukan pencarian pola asosiasi dengan menggunakan teknik association rule. Pada tahap akhir, sistem akan menghitung kekuatan pola asosiasi yang terbentuk dengan menggunakan lift ratio. Pada penelitian ini didapatkan hasil pengujian nilai kekuatan (lift ratio) rule, jumlah rule yang dihasilkan tiap dealer adalah dealer Suzuki 3 rule, dealer Honda 5 rule, dealer Toyota 4 rule, dan dealer Daihatsu 4 rule. Dan didapatkan nilai rata – rata lift ratio dari rule yang dihasilkan dengan minimum confidence 50% sebesar 1.15. Nilai lift ratio tertinggi sebesar 2.19 pada dealer Honda dan nilai lift ratio terendah sebesar 0.90 pada dealer Toyota.