Abstract
Keterlibatan langsung manusia sebagai pengguna dalam sebuah perancangan sistem sangat penting untuk dilakukan agar dihasilkan sebuah sistem yang sesuai dengan karakteristik dan pengalaman penggunanya sehingga mampu membantu kemudahan kerja serta memberikan kenyamanan ketika digunakan. Penelitian dilakukan dengan tujuan untuk melakukan evaluasi terhadap desain antarmuka pengguna sebuah aplikasi Sistem Informasi Manajemen Kepegawaian (SIMPEG) milik Badan Kepegawaian Daerah Kota Kediri untuk kemudian dibuat sebuah rancangan perbaikan yang proses perancangannya didasarkan pada pendekatanHuman-Centered Design. Pendekatan ini melibatkan manusia sebagai pengguna dalam setiap tahapan proses perancangan.
Hasil evaluasi mengindikasikan beberapa kendala yang dialami oleh pengguna sistem saat ini meliputi penempatan tombol yang tidak berurutan sesuai alur kerja pengguna, desain tombol yang tidak konsisten di setiap halaman penyajian informasi pada sistem, dan kurangnya efisiensi tampilan untuk penyajian informasi data kepegawaian karena terbagi-bagi dalam bentuktautan (link)data. Hasil akhir proses perancangan perbaikan antarmuka pengguna menunjukkan bahwa tampilan antarmuka rancangan peneliti lebih dipilih oleh pengguna karena dinilai lebih mudah untuk digunakan dan dapat membantu kecepatan kerja pengguna saat bekerja menggunakan aplikasi.Usulan rancangan antarmuka aplikasi memiliki persentase pencapaian pemenuhan kebutuhan pengguna 90% serta pencapaian aspek usability yang meliputi learnability, efficiency, dan satisfaction adalah 91% lebih tinggi dibanding antarmuka saat ini.