Abstract
Pengguna smartphone di Indonesia menempati peringkat lima besar di dunia dengan sistem operasi Android yang paling banyak mendominasi. Para pengguna memilih menggunakan ponsel Android karena harga yang relative terjangkau dibandingkan dengan kompetitor lain seperti ponsel berbasis iOS dan Windows Phone. Ponsel dengan sistem \Android memberikan banyak pilihan aplikasi yang tersedia di Play Store. Mulai dari aplikasi yang gratis hingga yang berbayar. Dari semua aplikasi yang di tersedia di Play Store aplikasi-aplikasi tersebut dibagi dalam tujuh belas kategori yaitu Alat, Belanja, Berita & Majalah, Bisnis, Buku & Referensi, Cuaca, Fotografi, Gaya Hidup, Hiburan, Kedokteran, Kesehatan & Kebugaran, Keuangan, Komik, Komunikasi, Media & Video, Musik & Audio, Game. Para pengguna ponsel Android sudah pasti meng-instal satu atau lebih aplikasi yang termasuk dalam 17 kategori tersebut. dengan menggunakan metode Frequent Pattern Growth akan dicari pola keterkaitan dari suatukategori aplikasi dengan kategori aplikasi yang lain yang di-instal oleh pengguna Android. Untuk mencari kekuatan rule yang terbentuk digunakan liftratio. Rule dengan nilai lift ratio tertinggi adalah 1.578947368 yaitu jika pengguna menggunakan aplikasi dengan kategori media & video dan fotografi maka pengguna itu juga akan menggunakan aplikasi dengan kategori gaya hidup.