RANCANG BANGUN GAME EDUKASI PEMBELAJARAN BIOLOGI SEL PROKARIOTIK DAN EUKARIOTIK UNTUK SISWA SMA

Repositori Jurnal Mahasiswa PTIIK UB
© 2015 by Doro Jurnal
Volume 6 - Number 1
Year of Publication: 2015
Rusliawan Santoso, Eriq Muh. Adams Jonemaro dan Edy Santoso
Download Article

 


Abstract

Pembuatan game edukasi pembelajaran Biologi-Sel Prokariotik & Eukariotik yang berjudul “Prokariotik & Eukariotik Cell Labelling” merupakan sebuah game dengan konten edukasi bergenre puzzle yang dirancang menggunakan metode iterative dan rapid prototyping, yang memberikan pelajaran tentang materi Biologi-Sel Prokariotik & Eukariotik secara 2D dengan gameplay dan user interface yang interaktif  untuk siswa SMA/MA. Game ini terdiri dari 7 stage yaitu stage sel bakteri, sel hewan, sel tumbuhan, sel nukleus, sel plastida, sel retikulum endoplasma & sel mitokondria. Game edukasi ini juga disisipi dengan informasi tentang sel pada halaman album sel serta latihan soal-soal pada halaman kuis.

Untuk menguji fungsionalitas permainan dilakukan pengujian yang terdiri dari pengujian unit, pengujian integrasi, testflow diagram, compabitility testing dan pengujian terhadap pengguna (Focus Testing). Hasil pengujian menunjukkan bahwa fungsionalitas permainan Prokariotik & Eukariotik Cell Labelling telah berjalan dengan baik, berdasarkan lebih dari 90% responden (siswa SMAN 8 Malang) menyatakan bahwa game yang telah dirancang dan dibangun ini menarik dan interaktif serta dapat membantu dan meningkatkan pemahaman siswa tentang materi Biologi – Sel Prokariotik & Eukariotik.

Keywords

biologi, pembelajaran interaktif, game edukasi, sel prokariotik dan eukariotik, game puzzle