Abstract
Perkembangan teknologi sampai detik ini telah mengalami perkembangan yang sangat pesat, sehingga semakin hari semakin banyak pula orang yang memanfaatkan kemajuan teknologi informasi ini. Teknologi saat ini dianggap tepat untuk diimplementasikan pada bidang bisnis perhotelan/guest house contohnya diterapkan pada sistem informasi manajemen pada bandoeng guest house yang terletak pada Jl. Bandung No. 20 Malang. Sistem manajemen pada bandoeng guest house saat ini hanya bisa melakukan reservasi/booking dengan menghubungi nomor yang ada pada guest house. Segala kegiatan yang dilakukan masih dilakukan secara manual meliputi check in dan check out, pembayaran dan pengeluaran. Jadi bisa dibilang guest house ini belum dapat berkembang dalam menyampaikan informasi dan masih lemahnya hal tersebut dikarenakan SDM yang dimiliki oleh guest house masih minim. Untuk membuat guest house ini semakin berkembang, pelanggan dapat memesan kamar yang diingikan sesuai dengan tanggal yang diingikan dan untuk meningkatkan layanan ini maka diimplementasikan konsep E-commerce. Dengan adanya sistem ini diharapkan bisa meningkatkan rating pada sektor informasi dan publikasi guest house ini serta dapat mempermudah seseorang untuk mendapatkan informasi mengenai guest house. Berdasarkan hasil pengujian fungsional testing dan usability testing didapatkan kesimpulan bahwa sistem berjalan sesuai requirement.