Abstract
Sistem Reservasi Tiket Bus adalah aplikasi yang dapat digunakan untuk membantu pemesanan tiket bus dan pembeli akan mendapatkan report melalui SMS Gateway. Analisis kebutuhan untuk reservasi tiket dibuat dengan melakukan studi lapang di Terminal Arjosari Malang. Sistem ini menggunakan SMS Gateway untuk mengirimkan laporan kepada pembeli setelah melakukan pemesanan tiket bus secara online. SMS Gateway pada aplikasi ini berfungsi sebagai penghubung yang melakukan delay sms antara External Short Message Entitiy (ESME) dan Short Message Service Center (SMSC). Sistem reservasi ini dikembangkan sebagai prototype dengan bahasa pemrograman PHP. Sistem ini diuji menggunakan pengujian validasi, pengujian performa, dan pengujian usability. Dari hasil pengujian validasi dapat disimpulkan bahwa semua proses dapat berjalan dengan baik sesuai dengan kasus ujinya. Waktu tunggu rata-rata auto-reply SMS dalam pengujian performa adalah 41.92 detik. Karakter layanan penyedia jasa SMS dan tempat pelanggan mengirim SMS berpengaruh terhadap waktu tunggu auto-reply SMS. Hasil persentase jawaban pengujian usability adalah 67,7%, menunjukkan bahwa sistem ini cukup dapat digunakan dengan baik dengan beberapa keterbatasan.