Abstract
ABSTRAK
Proses penempatan siswa ke keminatannya dilakukan setelah siswa diterima di sekolah yang diinginkan. Pemilihan minat siswa dibangku SMA/MA memiliki peran penting bagi masa depan siswa. Peminatan siswa hendaknya dipilih sesuai dengan keinginan siswa yang juga didukung dengan nilai akademik siswa, sehingga siswa tidak akan merasa terpaksa dalam menerima pelajaran. Dari permasalahan tersebut, maka dirancang sebuah sistem untuk menentukan peminatan siswa lebih optimal dan sesuai dengan minat siswa. Penelitian ini menerapkan metode Analytic Hierarchy Process (AHP) dan Simple Multi Attribute Rating Technique (SMART). AHP melakukan perhitungan pembobotan kriteria, sementara SMART akan melakukan perankingan dan menghasilkan keputusan terhadap penentuan peminatan siswa. AHP memecahkan suatu situasi yang komplek dan tidak terstruktur kedalam beberapa bagian menjadi susunan yang hirarki lalu menentukan variabel mana yang memiliki prioritas paling tinggi yang mana akan mempengaruhi hasil pada situasi tersebut. Metode SMART yang mengambil keputusan multi atribut akan membantu user dalam memilih diantara beberapa alternatif. Pada MAN Malang I, penilaian yang dilakukan adalah hasil tes TPA, hasil tes akademik, nilai buka baca tulis Al-Qur’an, hasil wawancara, dan minat pilihan siswa. Pengujian akurasi yang dihasilkan oleh sistem mendapatkan nilai terbaik sebesar 92.49% untuk pengujian akurasi dengan kuota. Sementara untuk peminatan tanpa kuota memiliki tingkat akurasi 75.88%.