Abstract
Rumah Sakit Anwar Medika memiliki aplikasi SIRS sebagai layanan rumah sakit untuk menyimpan dan menyusun dokumen yang ada pada rumah sakit. Proses pada rumah sakit masih ada permasalahan yang sehingga dapat mempangaruhi kerja sistem yang ada pada rumah sakit. Untuk menangani hal tersebut diperlukan tindakan pengelola layanan untuk mempertahahankan serta meningkatkan kualitas kinerja sistem sehingga kepuasan bagi pengguna semakin meningkat.
Penelitian bertujuan untuk melakukan audit dan analisis hasil audit SIRS pada rumah sakit anwar medika serta melakukan rekomendasi pada layanan SIRS untuk perbaikan tata kelola TI dan analisis kesenjangan dari hasil audit SIRS pada rumah sakit anwar medika. Audit yang dilakukan meliputi pengukuran tingkat kematangan (maturity level) pada operasi layanan berdasarkan framework ITIL V3, untuk mengukur tingkat kematangan menggunakan kuesioner, wawancara dan observasi pada tim SIRS rumah sakit anwar medika. Dari domain ITIL tingkat kematangan saat ini berada pada level 2 dari skala 0 sampai 5 yang tersedia. Sedangkan tingkat kematangan yang diharapkan oleh tim SIRS berada pada level 3 sampai 4 dari skala 0 sampai 5.
Dengan acuan tingkat kematangan saat ini maka akan diberikan rekomendasi yang dapat membantu tim SIRS untuk dapat mencapai tingkat kematangan yang diharapkan. Rekomendasi yang dapat diberikan untuk tim SIRS antara lain dengan membuat dokumentasi berupa manual prosedur dari setiap perubahan yang ada dan melakukan pengukuran dan memonitor prosedur yang ada sehingga mudah ditanggulangi jika terjadi penyimpangan.