PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI PENGARSIPAN DOKUMEN KERJA SAMA INTERNASIONAL STUDI KASUS : KANTOR URUSAN INTERNASIONAL UNIVERSITAS BRAWIJAYA

Repositori Jurnal Mahasiswa PTIIK UB
© 2017 by Doro Jurnal
Volume 9 - Number 1
Year of Publication: 2017
M Ilham Hidayat, Mochamad Chandra Saputra dan Fajar Pradana
Download Article

 


Abstract

Kerja sama internasional merupakan kerja sama anatara perguruan tinggi Indonesia dan perguruan tinggi luar negeri yang bersifat melembaga yang ditulis dalam dokumen kerja sama yaitu Memorandum of Understanding (MoU) dan Memorandum of Agreement (MoA). Dokumen kerja sama memiliki fungsi sebagai bukti resmi yang menjadi dasar dalam menjalankan kerja sama internasional. Universitas Brawijaya melalui Kantor Urusan Internasional merupakan pihak yang aktif dalam menjalin kerja sama internasional serta mengarsip dokumen kerja sama internasional.

Berdasarkan hasil wawancara dengan bagian administrasi dan legal, legal mengalami kesulitan dalam mencari scan dokumen kerja sama internasional dalam folder di komputer. Legal harus mengecek durasi dokumen kerja sama internasional setiap akhir bulan atau akhir tahun untuk mengetahui durasi dokumen kerja sama internasional yang akan berakhir atau tidak berlaku. Selain itu legal mengalami kesulitan dalam merekap laporan dokumen kerja sama internasional. Administrasi dan legal harus mencari surat pengantar dokumen kerja sama internasional di tepat penyimpanan jika ingin mengetahui detail surat pengantar. Untuk mengatasinya diperlukan suatu sistem informasi yang dapat menyimpan data dan scan surat pengantar beserta dokumen kerja sama internasional yang terintegrasi antara administrasi dan legal.

Pengembangan sistem dimulai dengan melakukan analisis kebutuhan untuk mendapatkan kebutuhan perangkat lunak. Selanjutnya dilakukan perancangan sistem untuk menghasilkan suatu perancangan yang siap diimplementasikan dalam sistem. Implementasi sistem dilakukan berdasarkan perancangan sistem. Tahap terakhir adalah melakukan pengujian untuk mengetahui sistem dapat berjalan dengan baik.

Keywords

Dokumen Kerja Sama Internasional, Sistem Informasi, Pengembangan