Abstract
Dalam Kontes Robot Sepak Bola Indonesia (KRSBI) pengenalan sebuah obyek sangat diperlukan, terutama pada pertandingan yaitu bola dan gawang. Program Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer Universitas Brawijaya berpartisipasi dalam kontes tersebut, yang di ikuti oleh tim dari komunitas ROBOTIIK. Akan tetapi tingkat keakurasian robot tim PTIIK dalam menemukan atau mengenali sebuah gawang masih sangat kurang. Proses pengenalan gawang pada robot saat ini pada tim PTIIK hanya mengenali warna gawang, sehingga peluang menciptakan sebuah gol sangat kecil. Pada penelitian ini akan menemukan titik tengah gawang sehingga dapat ditentukan atau diprediksi gerak robot kearah kanan atau kiri. Pemrosesan gambar dilakukan dengan menggunakan metode penentuan titik tengah gawang terbagi menjadi 2 algoritma. Algoritma pertama yaitu membandingkan jumlah piksel kanan dan kiri didapatkan error 8,16% dengan waktu yang dibutuhkan dalam proses gambar yaitu 0,001525 detik. Sedangkan jika menggunakan algoritma kedua dengan menentukan titik tengah berdasarkan titik tengah dari obyek atau gawang, menghasilkan prosentase error 8,16% juga akan tetapi berbeda dalam waktu sebesar 0,000757939 detik, lebih cepat dibandingkan dengan algoritma awal. Melalui penelitian ini diharapkan dapat menciptakan peluang gol pada tim robot PTIIK dengan menggunakan metode yang diusulkan penulis