Abstract
Batik adalah salah satu budaya asli Indonesia, secara konvensional batik merupakan gambar ragam hias di atas sehelai kain dengan menggunakan lilin batik (malam), kemudian diteruskan dengan pemberian warna. Batik merupakan salah satu budaya yang harus dilestarikan. Industri perangkat mobile dari tahun- ketahun selalu mengalami peningkatan. Salah satu asset yang mendukung perkembangan perangkat mobile adalah mobile gaming. Memanfaatkan teknologi yang ada dan untuk menjaga budaya Indonesia diluar cara konvensional dirancanglah sebuah game pengenalan budaya batik Indonesia yang merupakan game dua dimensi (2D) dengan gameplay gabungan genre platformer dan puzzle, yang bertema edukasi pengenalan budaya batik Indonesia. Tujuan dari permainan adalah mengumpulkan potongan puzzle, menyusunnya kemudian mendapatkan informasi tentang budaya batik Indonesia. Perancangan meliputi dua tahapan yaitu game concept design dan technical design kemudian diimplementasi menggunakan platform J2ME dengan bahasa pemrograman Java. Pengujian aplikasi menggunakan metode white-box testing dengan strategi pengujian unit dan pengujian integrasi, serta metode black-box testing dengan strategi pengujian validasi. Pengujian performa permainan dilakukan melalui pengujian FPS (Frame Per Second). Dari hasil pengujian didapatkan kesimpulan bahwa game Pengenalan Budaya Batik telah memenuhi kebutuhan fungsional dan non fungsional.