Abstract
Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu Al-Ghozali merupakan sebuah lembaga pendidikan yang secara rutin melaksanakan tes tertulis dalam bentuk soal pilihan ganda kepada peserta didiknya. Tes tersebut membutuhkan lembar jawab komputer (LJK) sebagai media penyimpan jawaban. Selama ini, para pengajar mengoreksi LJK tersebut secara manual sehingga butuh waktu yang panjang dalam proses pengoreksian dan rekapitulasi nilai. Akibat panjangnya waktu yang dibutuhkan, proses penggalian informasi hanya dilaksanakan sampai sebatas mengetahui nilai yang diperoleh peserta didik. Padahal, beberapa aspek seperti peningkatan kualitas soal dan pemilihan metode pengajaran yang tepat dapat dilakukan apabila pengajar mampu melakukan analisis butir soal. Salah satu upaya untuk menyelesaikan permasalahan tersebut adalah mengembangkan sistem koreksi LJK dan analisis hasil ujian berbasis web. Metode yang digunakan untuk mendeteksi jawaban yang terdapat pada LJK adalah grayscaling-thresholding-cropping. Pengembangan sistem ini dimulai dengan proses analisis kebutuhan perangkat lunak yang menghasilkan 53 kebutuhan fungsional dan 2 kebutuhan non fungsional. Setelah itu, kebutuhan fungsional akan direpresentasikan dalam bentuk use case diagram dan setiap use case yang terbentuk akan dideskripsikan menggunakan use case skenario. Setelah proses analisis kebutuhan selesai, maka proses pengembangan sistem dilanjutkan pada tahap perancangan. Pada tahap ini dihasilkan beberapa artefak seperti class diagram, sequence diagram, physical data model dan desain antarmuka. Kemudian pengembangan sistem dilanjutkan pada tahap implementasi dan diakhiri dengan pengujian perangkat lunak. Setelah diuji menggunakan teknik basis path testing dan validation testing, hasil pengujian mengindikasikan bahwa setiap algoritma telah diterapkan secara akurat dan seluruh kebutuhan fungsional yang telah didefinisikan dapat diimplementasikan dengan sempurna