IMPLEMENTASI SISTEM INFORMASI SEKOLAH BERBASIS KURIKULUM 2013 (STUDI KASUS SMAN 3 MALANG)

Repositori Jurnal Mahasiswa PTIIK UB
© 2016 by Doro Jurnal
Volume 7 - Number 1
Year of Publication: 2016
Geri Arif Wicaksono, Wibisono Sukmo Wardhono dan Diah Priharsari
Download Article

 


Abstract

ABSTRAK

Kurikulum 2013 pada siswa Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah adalah kurikulum yang ditetapkan berdasarkan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayan nomer 69 Tahun 2013. Ada tiga aspek penilaian yang diterapkan dalam Kurikulum 2013 yaitu aspek penilaian pengetahuan, aspek penilaian sikap, dan aspek penilaian keterampilan. Setiap aspek mempunyai tata cara penilaian yang berbeda. SMAN 3 Malang sebagai sekolah yang menerapkan Kurikulum 2013 mendapatkan permasalahan dalam perhitungan untuk mendapatkan nilai akhir berupa rapor. Permasalahan yang terjadi dikarenakan banyaknya nilai yang harus di hitung dan direkapitulasi sesuai aspek penilaian dengan tata cara yang berbeda. Maka dibuatlah aplikasi “Sistem Informasi Rapor Berbasis Kurikulum 2013” untuk mempermudah perhitungan nilai dan rekapitulasi yang nantinya digunaka sebagai rapor siswa. Metode yang digunakan dalam pembuatan aplikasi ini yaitu pengumpulan data, analisis kebutuhan, perancangan, implementasi, dan pengujian. Hasil dari pengujian yang dilakuan menunjukan fungsi-fungsi yang dimiliki aplkasi berjalan sesuai kebutuhan dengan akurasi 100%. Pengujian ini juga menunjukan bahwa aplikasi mudah dipelajari, efisien, dan memuaskan berdasarkan.

Keywords

kurikulum 2013, rapor