RANCANG BANGUN GAME EDUKASI ILMU PENGETAHUAN ALAM KELAS 6 SEKOLAH DASAR

Repositori Jurnal Mahasiswa PTIIK UB
© 2014 by Doro Jurnal
Volume 3 - Number 1
Year of Publication: 2014
Ardy Purnama Putra, Eriq Muh. Adams Jonemaro dan Wibisono Sukmo Wardhono
Download Article

 


Abstract

Game edukasi Ilmu Pengetahuan Alam kelas 6 Sekolah Dasar ini merupakan sebuah game edukasi yang memberikan pelajaran tentang materi Ilmu Pengetahuan Alam untuk kelas 6 Sekolah Dasar dengan visualisasi secara 2 dimensi yang didesain untuk mensimulasikan pelajaran dengan gambar dan rancangan permainan yang menarik sehingga memudahkan anak dalam memahami materi serta membuat anak tidak mudah bosan. Game edukasi ini memiliki gameplay ber-genre platformer yang disisipi dengan cerita dan juga informasi tentang materi pelajaran. Tujuan dari permainan ini adalah memberi penjelasan kepada anak mengenai rangkuman materi pelajaran pada setiap bab. Perancangan permainan ini meliputi dua tahapan yaitu game concept design dan technical design. Implementasi permainan ini menggunakan platform J2ME dengan bahasa pemrograman Java. Pengujian aplikasi menggunakan metode white-box testing dengan strategi pengujian unit dan pengujian integrasi serta metode black-box testing dengan strategi pengujian validasi. Pengujian performa permainan dilakukan melalui pengujian FPS (Frame Per Second) dan dihasilkan nilai rata-rata FPS game yaitu 13,5 FPS. Dari hasil pengujian didapatkan kesimpulan bahwa permainan edukasi ini telah memenuhi kebutuhan fungsional dan non fungsional.

Keywords

Java mobile; Simulasi pelajaran; Animasi; Permainan elektronik