Analisis dan Implementasi Algoritma Tactical Pathfinding untuk Non-Player Character dalam Permainan 3D

Repositori Jurnal Mahasiswa PTIIK UB
© 2013 by Doro Jurnal
Volume 2 - Number 1
Year of Publication: 2013
Iqra Ahmadya, Himawat Aryadita dan Eriq Muhammad Adams Jonemaro
Download Article

 


Abstract

Pencarian jalur merupakan salah satu implementasi kecerdasan buatan dalam permainan. Pencarian jalur terpendek merupakan hal yang mempengaruhi pergerakan dan pengambilan keputusan pada non-player character. Namun, jalur terpendek belum tentu dan tidak selalu menjadi jalur paling aman. Dalam permainan berbasis militer, karakter dituntut untuk bergerak secara taktis dalam menghadapi ancaman. Agen yang bergerak secara taktis dalam pencarian jalur tidak hanya mencari jalur terpendek, namun harus mempertimbangkan ancaman karena pertimbangan hit points, demi meningkatkan kesan nyata pada permainan. Tactical Pathfinding merupakan salah satu algoritma pencarian jalur yang dapat melakukan pencarian jalur terpendek dengan perhitungan bobot ancaman. Implementasi algoritma tactical pathfinding dapat memberikan gerakan taktis pada non-player character. Algoritma tactical pathfinding dilakukan berdasarkan algoritma pencarian jalur berdasarkan A* ditambah perhitungan bobot. Implementasi algoritma dilakukan dengan melakukan simulasi pada peta permainan 3D berbasis navigation mesh. Representasi peta permainan 3D menggunakan navigation mesh karena dalam beberapa tahun terakhir, navigation mesh menjadi pilihan utama.Implementasi algoritma dilakukan dengan melakukan pemberian bobot ancaman pada daerah navigation mesh sehingga mempengaruhi agen dalam memilih jalur menuju tujuan. Simulasi implementasi algoritma dibedakan menjadi 3 skenario. Simulasi dilakukan dengan game engine Unity versi 3.5. Pengujian frame rate pada 20 uji coba dalam 3 skenario simulasi, menunjukkan bahwa algoritma tactical pathfinding ini menggunakan memori yang lebih banyak daripada pencarian jalur terpendek biasa walaupun tidak terlalu signifikan. Sedangkan untuk pengujian hit points pada 20 uji coba dalam 3 skenario simulasi, menunjukkan bahwa algoritma tactical pathfinding dapat mengurangi damage yang diterima oleh agen non-player character walaupun tidak terlalu signifikan.

Keywords

pencarian jalur, tactical pathfinding, navigation mesh, game komputer