Capstone Project

InnoLearn

Developing a comprehensive inclusive education framework that ensures accessibility, equity, and meaningful participation for all learners in diverse learning environments.

Membangun Pembelajaran, Merangkul Semua

Kami membayangkan sebuah ruang belajar di mana setiap siswa apapun latar belakang dan kemampuan belajarnya merasa dihargai, dipahami, dan diberi kesempatan yang sama untuk tumbuh.

Apa yang kami kembangkan?

Infografis

Media Visual informatif dengan gaya warna kontras dan struktur materiĀ  sederhana, sehingga memudahkan pemahaman siswa terhadap konsep rumit.

Video pembelajaran

Materi disajikan dalam format video edukatif yang bisa ditonton ulang, dilengkapi dengan subtitle, narasi audio, dan visual ramah untuk siswa low vision.

Evaluasi interaktif

Kuis berbasis website Gimkit & Quizizz yang menjadikan evaluasi sebagai pengalaman yang seru dan kompetitif, tetapi bukan sebagai beban bagi siswa.

PPT dan E-Modul

Slide pembelajaran dan e-modul yang didesain dengan tampilan bersih, teks jelas, dan mudah diakses melalui HP atau laptop tanpa perlu instalasi khusus.

Tools

Kami menggunakan tools sederhana dan mudah diakses, tanpa perlu sistem backend yang rumit.

"Kami merancang semuanya agar ringan dijalankan, tidak makan kuota besar, dan bisa digunakan di sekolah dengan akses internet terbatas"

Siapa yang
kami hadapi?

Dalam merancang media pembelajaran ini, kami berangkat dari pemahaman bahwa setiap siswa belajar dengan cara yang berbeda. Kami menghadapi tantangan nyata dari tiga kelompok utama:

Low Vision

Slow Learner

Siswa reguler

Sudah kami buktikan

Setelah dikembangkan, media pembelajaran InnoLearn tidak hanya berhenti di layar komputer kami. Kami mengadakan uji coba langsung dengan pendekatan pretest–posttest dan survei kepuasan siswa.

86.4%

86.4% siswa menunjukkan adanya peningkatan pemahaman

0 %

91,2% siswa menyatakan puas dan merasa lebih mudah memahami materi

Apa kata mereka?

ā€œBiasanya aku bingung waktu guru jelasin flowchart, tapi di video ini langsung ngerti.ā€

Ahmad Rakha Siswa Kelas 10

"Suka ngantuk pas belajar di kelas, tapi pas belajar sambil main game jadi bisa fokus."

Risma Siswa Kelas 10

ā€œKuisnya lumayan asyik, anak-anak jadi aktif banget pada saat pembelajaran di kelas.ā€

Pak Cecep Guru SMAN 1 Kauman

Mau lihat hasilnya?

Semua karya kami dapat diakses langsung lewat tautan berikut. Rasakan sendiri pengalaman belajar yang inklusif, interaktif, dan menyenangkan.

Behind the scenes

Tim kami

Khonsa Wijaya

Project Manager

Andani Zahira

QA & Documentation

Dinartry Olivianne

QA & Documentation

Ni Luh Nurata

Content Creator

Evelin Frizka

Content Creator

Raynaldo Fitra

Graphic Designer

Kami percaya teknologi bukan hanya tentang sistem. Tapi tentang manusia. Tentang siswa-siswa yang ingin belajar dengan cara yang sesuai bagi mereka. Tentang guru-guru yang ingin mengajar tanpa harus jadi ahli IT dulu. Dan proyek ini, adalah langkah kecil kami untuk mendekatkan pembelajaran kepada semua orang tanpa kecuali.

Capstone Team 5

Similar Posts