Pengembangan Media Pembelajaran Digital Interaktif dan Variatif Sebagai Inovasi Pembelajaran Sejarah
SMAN 1 Kedungwaru
Jl. Dr. Wahidin Sudiro Husodo No.12, Kedung Indah, Kedungwaru, Kec. Kedungwaru, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur 66224
SMA Negeri 1 Kedungwaru yang akrab disebut SMARIDUTA adalah sekolah menengah atas favorit yang berkedudukan di Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur. Sekolah dengan Akreditasi A, ini berdiri sejak tahun 1960. Pada tahun 2023, SMAN 1 Kedungwaru masuk dalam peringkat 40 terbaik di Jawa Timur dan peringkat 276 nasional.
Meet Our Team
Media Pembelajaran Digital Interaktif dan Variatif Sebagai Inovasi Pembelajaran Sejarah yang dikembangkan oleh mahasiswa PTI Filkom UB
About ZAMAN
ZAMAN (Zona Anak Muda Mengenal Sejarah) adalah tim Capstone Project dari FILKOM Universitas Brawijaya yang berfokus pada peningkatan minat belajar sejarah melalui media pembelajaran digital yang menarik dan interaktif. Menanggapi rendahnya antusiasme siswa terhadap sejarah akibat metode konvensional, tim ZAMAN menghadirkan tiga produk utama: slide interaktif, video berbasis storytelling, dan infografis visual. Bekerja sama dengan guru sejarah SMAN 1 Kedungwaru, pengembangan dilakukan secara iteratif dalam tiga fase menggunakan Microsoft PowerPoint, CapCut, dan Canva. Produk ini diuji dan dievaluasi secara menyeluruh, menunjukkan hasil positif dalam meningkatkan keterlibatan dan pemahaman siswa.
PROBLEM BACKGROUND AND PROJECT OBJECTIVE
Pembelajaran sejarah masih menggunakan metode konvensional yang monoton dan kurang variatif di era digital.
Siswa kesulitan memahami dan mengingat materi hafalan.
Fokus belajar siswa mudah teralihkan.
Minat belajar siswa terhadap mata pelajaran Sejarah rendah.
Keterbatasan media pembelajaran yang fleksibel dan dapat diakses secara mandiri.
Mengembangkan media pembelajaran yang menarik dan variatif untuk mengatasi kejenuhan siswa terhadap metode pembelajaran konvensional.
Menghadirkan media pembelajaran yang dapat membantu siswa memahami dan mengingat materi sejarah yang bersifat hafalan.
Mengembangkan media pembelajaran yang mampu menjaga fokus dan konsentrasi siswa.
Mengembangkan media yang mampu meningkatkan minat belajar siswa terhadap mata pelajaran.
Menyediakan media pembelajaran yang fleksibel dan dapat diakses secara mandiri, kapan saja dan di mana saja.
SOLUTIONS
Sebagai solusi dari masalah yang telah dijelaskan sebelumnya, tim kami mengembangkan sebuah media pembelajaran digital interaktif dan variatif yang terdiri dari:
- Video pembelajaran berbasis multimodal storytelling, yang mengangkat cerita kontekstual dan dilengkapi ilustrasi visual menarik serta subtitle. Pendekatan ini membuat siswa lebih cepat memahami peristiwa sejarah melalui narasi yang bermakna dan visual yang kuat.
- Slide presentasi interaktif, yang dilengkapi fitur kuis dengan umpan balik langsung, text-to-speech untuk inklusivitas, dan elemen visual pendukung. Media ini meningkatkan kualitas pembelajaran menjadi lebih baik karena mendukung berbagai gaya belajar dan memperkuat konsentrasi serta keterlibatan siswa.
- Infografis yang merangkum materi secara ringkas dan mudah diingat dengan visualisasi dan penggunaan ikon untuk mempermudah pemahaman konsep kompleks. Ini membantu siswa memahami inti materi tanpa perlu membaca teks panjang
- Media dikembangkan dan dibagikan secara digital melalui platform online (seperti Google Drive atau LMS), sehingga dapat diakses kapan saja dan di mana saja oleh siswa.
Main Fitur
- Penyajian materi secara visual, teks, dan interaktif
- Fitur text to speech untuk siswa dengan gaya belajar auditori dan gangguan penglihatan
- Akses fleksibel melalui link sharing
- Ragam multimodal untuk mendukung semua gaya belajar
- Visual yang menarik dan ringkas
- Fitur subtitle
- Evaluasi materi
- Kombinasi teks, ikon dan gambar sesuai materi
- Visualisasi yang ringkas untuk konsep kompleks
- Akses fleksibel (akses online dan dapat diunduh)
Product Architecture
Pengembangan media ajar dalam proyek ini menggunakan metode SAM (Successive Approximation Model). SAM merupakan pendekatan iteratif dan fleksibel yang cocok untuk pengembangan produk berbasis digital, termasuk media ajar interaktif. Metode ini terdiri dari tiga fase utama, yaitu Preparation Phase, Iterative Design Phase, dan Iterative Development Phase (Allen, 2012).
-
Preparation Phase
Pada Preparation Phase, dilakukan analisis kebutuhan melalui wawancara dengan guru sejarah SMAN 1 Kedungwaru untuk memahami konteks pembelajaran, tujuan, dan karakteristik siswa, serta analisis hambatan siswa seperti rendahnya minat dan kesulitan memahami materi sejarah. Evaluasi kesiapan teknologi juga dilakukan untuk menentukan spesifikasi awal produk. Hasilnya berupa rencana awal konten digital, format media (slide, video, infografis), dan gaya penyajian yang menarik serta sesuai karakter siswa.
-
Iterative Design Phase
Pada tahap Iterative Design Phase, dilakukan perancangan awal tiga media ajar (slide, video, infografis) melalui pembuatan storyboard dan wireframe. Slide dirancang dengan skema navigasi, layout, konten, dan rencana audio. Video mencakup alur cerita, skrip, dan komposisi visual, sementara infografis memuat informasi kunci dan elemen visual. Rancangan awal kemudian direview bersama guru sejarah untuk memperoleh umpan balik terkait materi, alur, dan kesesuaian desain, yang selanjutnya digunakan untuk revisi sebelum tahap pengembangan.
-
Iterative Development Phase
Pada tahap Iterative Development Phase, media dikembangkan berdasarkan desain yang telah disetujui. Slide interaktif dibuat dengan Microsoft PowerPoint dan dilengkapi fitur Text to Speech serta ilustrasi visual. Video dikembangkan menggunakan CapCut dengan pendekatan multimodal storytelling, sementara infografis dibuat melalui Canva dengan gaya visual yang mudah dipahami. Semua media disimpan dan dibagikan melalui Google Drive agar mudah diakses. Setelah pengembangan selesai, dilakukan uji materi dan uji media oleh para ahli untuk menilai aspek kegunaan, efektivitas, dan daya tarik media. Umpan balik dari hasil uji digunakan untuk menyempurnakan produk sebelum digunakan dalam pembelajaran sejarah.
Project Repository
Product Demonstration Video
Gallery of Zaman







Contribution & Personal Reflection
Muhammad Luthfi Zahran Elwino
Project Manager & Designer
Sebagai Product Manager, saya berperan dalam ketua yang memimpin proses pengembangan media pembelajaran. Dalam mengatur manajamen serta pembuatan media, saya sebagai pimpinan memiliki tanggung jawab dalam penentuan metodologi , timeline dan milestone serta pengawas proses dari pengembangan produk. Selain terlibat dalam hal manajemen, saya juga berkontribusi aktif dalam seluruh tahapan proyek terutama pada fase desain dan pengembangan media PPT interaktif
Email:
luthfizahran@student.ub.ac.id | luthfizahrane@gmail.com
“Pengalaman dan pengetahuan yang didapatkan dari pengembangan media pembelajaran ini sangat banyak. Sebagai product manager, saya dapat mengasah dan menambah ilmu manajemen serta critical thinking dalam memimpin proyek. Selain itu, penerapan metodologi SAM (Successive Approximation Model) dalam proses pengembangan produk merupakan pengalaman pertama yang kami adopsi sekaligus menjadi kunci dalam suksesnya proses pengerjaan dari media pembelajaran ini.”
Muhammad Muammar Sholihi
Script writer
Sebagai Script Writer, saya bertanggung jawab penuh atas seluruh proses penyusunan teks dan pengembangan ide utama dalam setiap project. Peran saya tidak hanya sekadar menulis, tetapi juga merancang sebuah pengalaman yang menarik dan efektif bagi audiens. Seorang Script Writer pada umumnya bertugas menggali ide cerita yang relevan, menyusun naskah dengan alur yang terstruktur mulai dari pembukaan hingga penutup, serta merancang dialog, narasi, dan Voice Over (VO) yang sesuai dengan karakter audiens. Saya juga memastikan teks yang saya buat mampu terintegrasi dengan visual yang ditampilkan, sehingga cerita dan tampilan saling mendukung satu sama lain. Selain itu, saya memperhatikan pengaturan durasi dan ritme penyampaian supaya informasi tidak terasa membosankan dan tetap nyaman diikuti. Dalam setiap penyusunan naskah, saya selalu melakukan riset yang mendalam agar materi yang disampaikan akurat dan dapat dipertanggungjawabkan. Gaya bahasa yang saya gunakan pun saya sesuaikan dengan kebutuhan platform dan target audiens, baik itu formal, edukatif, santai, maupun humoris. Bagi saya, Script Writer bukan hanya tentang menulis naskah, tetapi tentang menciptakan delivery informasi yang engaging, menyenangkan, dan bermakna.
Email:
mmuammars@student.ub.ac.id | muhammadmsholihi@gmail.com
“Menjadi Script Writer bagi saya bukan sekadar menulis, tapi menaklukkan tantangan. Ketika diminta menulis naskah bertema sejarah, saya justru merasa tertantang—bagaimana menyampaikan informasi padat secara ringan dan mengalir. Saya menikmati setiap prosesnya: menggali ide, merangkai kata, hingga menciptakan naskah yang menyatu dengan visual dan membangun suasana. Bagi saya, naskah yang baik bukan hanya menyampaikan pesan, tapi membuatnya terasa hidup.”
Widya Kharisma Ningrum
Talent & Designer
Sebagai Talent dan Designer, saya berperan dalam proses produksi video sebagai pengisi suara, sekaligus merancang konten dan desain visual untuk media infografis. Selain terlibat dalam produksi media, saya juga berkontribusi aktif dalam seluruh tahapan proyek, mulai dari analisis kebutuhan, riset, perencanaan, hingga pelaksanaan uji media bersama tim
Email:
widyakharisma@student.ub.ac.id | wdykhrsma94@gmail.com
“Selama satu semester mengerjakan proyek ini, saya mendapatkan banyak pengalaman dan ilmu baru yang sangat berharga. Menyenangkan rasanya bisa terlibat dalam proyek nyata yang berangkat dari permasalahan riil di dunia pendidikan. Prosesnya cukup menantang namun juga menyenangkan, saya banyak belajar dari sesi diskusi dan sharing bersama mitra, yaitu guru sejarah SMAN 1 Kedungwaru, yang memberikan banyak insight tentang tantangan sebagai tenaga pendidik di era modern saat ini. Selain itu, saya juga belajar model pengembangan baru yaitu SAM (Successive Approximation Model), yang sebelumnya belum pernah saya gunakan karena lebih familiar dengan model ADDIE.”
Muhammad Arif Ardiansyah
Editor & Designer
Saya berkontribusi sebagai editor video pembelajaran bab Hindu-Budha tentang “Sejarah-Sejarah Kerajaan Kediri, Singahasari dan Majapahit” dan mendesain karakter-karater di dalamnya, saya juga mengkoordinasikan hasil dari editing saya kepada tim dan ahli media untuk melakukan iterative terhadap video yang saya kerjakan.
Email:
arifardiansyah@student.ub.ac.id | adiwidodo708@gmail.com
“Selama proses pembuatan media pembelajaran bersama kelompok, saya merasa sangat terbantu dengan kerja sama dan komunikasi yang terjalin dengan baik. Setiap anggota berkontribusi sesuai kemampuan masing-masing, sehingga pekerjaan terasa lebih ringan dan hasilnya pun memuaskan. Proyek ini tidak hanya meningkatkan keterampilan teknis saya, tetapi juga mempererat kebersamaan dalam tim.”
Muhammad Rafli Pradipta
Editor & Designer
Saya berkontribusi sebagai editor video pembelajaran bab Islam tentang “Peninggalan Kerajaan Islam di Kehidupan Pondok” dan mendesain karakter-karater di dalamnya, saya juga mengkoordinasikan hasil dari editing saya kepada tim dan ahli media untuk melakukan iterative terhadap video yang saya kerjakan.
Email:
raflipradipta@student.ub.ac.id | planshopherrafli123@gmail.com
“Senang, susah, kebersamaan, dan keharuan di padu dengan rasa tegang di Capstone project ini takkan terlupakan selamanya.”