|

UpCode : Upgrade with Creative Online Digital Education


UpCode: Media Pembelajaran Digital Interaktif Berbasis Visual dan Storytelling untuk Pembelajaran Informatika SMA kelas X

UpCode adalah media pembelajaran interaktif yang dirancang untuk mendukung pembelajaran Informatika di jenjang SMA. Produk ini bertujuan meningkatkan literasi digital, logika komputasi, dan kesadaran kritis terhadap teknologi. Solusi yang ditawarkan berupa konten edukatif berbasis visual, storytelling, dan digital yang menarik dan inklusif. Mitra dalam proyek ini adalah SMAN 1 Tulungagung sebagai pengguna Utama media pembelajaran. Proses pengembangan mengikuti model instruksional ADDIE, mulai dari analisis kebutuhan hingga evaluasi. Produk yang dihasilkan meliputi video pembelajaran, infografis statis dan interaktif, narasi digital, dan slide presentasi. Materi disusun sesuai kurikulum terbaru dan kebutuhan peserta didik. Pembuatan produk berlangsung selama tiga bulan. Evaluasi dilakukan melalui uji kelayakan media oleh ahli, uji ahli materi, dan uji coba terbatas kepada peserta didik. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa UpCode layak digunakan dan efektif meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi Informatika.

 


OUR TEAM

Choirul Nisa Akhiri Hartanto
225150601111018

Rekap Pekerjaan :

  • Mengelola dan mengoordinasikan seluruh tahapan produksi video pembelajaran berdasarkan storyboard yang telah disusun.
  • Mengatur pembagian tugas, memastikan setiap anggota tim memahami peran dan tenggat waktu masing-masing.
  • Membuat elemen-elemen gambar yang ada pada video pembelajaran. 
  • Melakukan monitoring pada proses editing video agar ritme, durasi, dan kualitas video sesuai dengan rencana yang telah disepakati.
  • Melaksanakan proses review menyeluruh serta mengoordinasikan revisi untuk menjamin kualitas akhir video sebelum dipublikasikan.

Kontribusi Profesional

  • Memastikan proses produksi berjalan terorganisir dan sesuai timeline.
  • Mengoptimalkan kolaborasi antar anggota tim untuk menghasilkan media pembelajaran yang efektif dan menarik.
  • Meningkatkan efisiensi kerja dengan perencanaan yang matang dan komunikasi yang terstruktur.
  • Mendukung terciptanya produk video pembelajaran yang berkualitas, sesuai kebutuhan siswa dan tujuan pembelajaran.

Lesson Learned
Sebagai Project Manager, saya belajar pentingnya membagi tugas dengan baik, berkomunikasi dengan jelas, dan bekerja sama dalam tim. Saya juga memahami bahwa mengatur proyek bukan hanya memimpin, tapi juga mendengarkan dan mencari solusi bersama.

Melina Dyah Anggraini P
225150601111016

Rekap Pekerjaan :

  • Melakukan proses editing untuk dua video pembelajaran sesuai dengan naskah storyboard yang telah disusun
  • Mencari dan menyesuaikan elemen video seperti gambar, transisi, audio, dan efek visual agar sesuai dengan narasi dan tujuan pembelajaran
  • Menyesuaikan ritme dan durasi video agar nyaman ditonton dan efektif dalam menyampaikan materi
  • Melakukan review dan revisi untuk memastikan kualitas video sebelum dipublikasikan

Kontribusi Profesional

  • Mengubah materi pembelajaran menjadi media audiovisual yang menarik dan mudah dipahami
  • Meningkatkan kualitas penyampaian materi dengan penggunaan elemen visual dan audio yang sesuai
  • Membantu menciptakan suasana belajar yang menyenangkan melalui pengemasan video yang kreatif
  • Mendukung tim konten dalam menyampaikan pesan pembelajaran secara efektif dan efisien

Lesson Learned
Sebagai editor video, saya belajar pentingnya ketelitian dalam menyelaraskan visual dengan narasi. Saya juga memahami bahwa setiap elemen dalam video, sekecil apa pun, memiliki peran penting dalam membentuk pengalaman belajar siswa. Melalui proyek ini, saya menyadari bahwa video pembelajaran bukan hanya soal menyusun gambar dan suara, tetapi tentang menyampaikan pengetahuan secara visual yang menyentuh dan bermakna.

Irba Sakilah
225150600111007

Rekap Pekerjaan 

  • Bertanggung jawab dalam proses pengolahan materi pembelajaran menjadi video narasi digital yang menarik dan informatif.
  • Merancang dan menyusun slide presentasi (PPT) yang mendukung alur narasi video secara visual dan edukatif.
  • Berkoordinasi dengan content writer dan narator untuk memastikan keselarasan antara isi materi, visual, dan narasi suara.
  • Melakukan proses editing video, mulai dari pemotongan, penyusunan visual, penambahan animasi/transisi, hingga penyelarasan audio.

Kontribusi Profesional

  • Mengubah materi pembelajaran menjadi media video yang komunikatif dan sesuai dengan karakteristik siswa SMA.
  • Menghasilkan desain slide dan video narasi digital dengan kualitas visual yang konsisten, menarik, dan mendukung pemahaman siswa.
  • Memastikan hasil akhir video memiliki struktur yang jelas, transisi yang halus, serta visual yang inklusif dan responsif terhadap kebutuhan belajar.
  • Berperan dalam finalisasi konten video sebelum dipublikasikan sebagai bagian dari upaya peningkatan kualitas pendidikan digital.

Lesson Learned

Sebagai video editor, saya belajar bahwa visual yang dirancang dengan tepat dapat mengubah informasi kompleks menjadi sesuatu yang mudah dicerna. Pengalaman ini mengajarkan pentingnya kolaborasi lintas peran, antara penulis naskah, narator, dan editor untuk menciptakan video pembelajaran yang efektif. Saya juga semakin memahami bahwa storytelling visual bukan hanya mendukung isi materi, tetapi juga membangun pengalaman belajar yang menyenangkan dan bermakna bagi siswa.

Amelia Dhea Puspita
225150600111011

Rekap Pekerjaan

  • Menyusun naskah dan deskripsi materi pembelajaran yang akan dikemas dalam bentuk video, infografis, dan narasi digital
  • Melakukan riset materi sesuai kurikulum Informatika jenjang SMA

  • Menyesuaikan gaya penulisan agar komunikatif, inklusif, dan mudah dipahami oleh siswa

  • Bekerja sama dengan desainer dan narator dalam menyelaraskan isi konten dan visual

Kontribusi Profesional

  • Menerjemahkan materi kurikulum menjadi narasi yang menarik dan edukatif

  • Menyediakan konten berkualitas tinggi untuk berbagai format (video, infografis, slide)

  • Menjaga konsistensi tone dan bahasa antar seluruh materi

  • Membantu proses validasi konten sebelum dipublikasikan

Lesson learned

Sebagai content writer, saya belajar meramu konsep informatika yang kompleks menjadi cerita yang bisa dinikmati siswa. Saya juga memahami bagaimana storytelling mampu meningkatkan daya tarik dan pemahaman konten. Proyek ini mengajarkan saya bahwa pendidikan digital bukan sekadar soal teknologi, tapi juga soal cara menyentuh pikiran dan imajinasi.

Ikmalunisa Annora
225150601111015

Rekap Pekerjaan :

  • Berperan sebagai narator utama dalam video pembelajaran digital, menyampaikan materi dengan artikulasi yang jelas, intonasi yang tepat, dan penghayatan sesuai konteks pembelajaran.

  • Menyesuaikan tempo dan gaya penyampaian narasi agar selaras dengan kebutuhan visual dan karakter audiens.

  • Melakukan editing pada video narasi digital, khususnya untuk menyelaraskan suara narasi dengan visual dan memastikan alur berjalan lancar.

  • Berkontribusi dalam proses review akhir, serta membantu tim lain dalam aspek teknis ringan seperti pengecekan suara, ritme visual, dan penyesuaian transisi.

Kontribusi Profesional

  • Menjadi pengisi suara utama yang membawa suasana dan makna pada video pembelajaran, menjembatani konten dengan audiens secara efektif.

  • Melakukan proses editing pada video narasi digital untuk memastikan keselarasan antara audio, visual, dan transisi berjalan mulus, sehingga menghasilkan video pembelajaran yang informatif dan enak ditonton.

  • Membangun suasana belajar yang menarik dengan penyampaian narasi yang hidup dan tidak monoton.

  • Berperan aktif sebagai bagian dari tim, memberikan dukungan teknis dan ide kreatif selama proses produksi berlangsung.

Lesson Learned
Melalui pengalaman menjadi narator sekaligus editor dalam proyek ini, saya belajar bahwa menyampaikan pembelajaran melalui media audiovisual membutuhkan ketelitian, penghayatan, dan kreativitas. Narasi bukan sekadar membacakan teks, tetapi menyampaikan makna secara emosional dan informatif. Proses editing juga membuka wawasan saya tentang pentingnya harmoni antara suara, visual, dan ritme. Saya juga belajar bekerja sama dengan tim, berbagi ide, serta saling mendukung untuk mencapai hasil yang berkualitas dan berdampak dalam proses belajar siswa.

 

OUR CLIENT

SMA Negeri 1 Tulungagung atau yang juga dikenal dengan nama SMARISTA merupakan salah satu sekolah menengah atas negeri yang berada di Kecamatan Tulungagung Kabupaten Tulungagung Provinsi Jawa Timur, sebelah barat pusat Kota Tulungagung. SMAN 1 Tulungagung berdiri sejak tahun 2013. Meski terbilang baru, namun Smarista sudah berhasil mencetek siswa-siswi berpretasi baik di bidang akademik maupun non akademik.

LATAR BELAKANG & TUJUAN

Pendidikan Informatika di SMAN 1 Tulungagung menjadi bagian penting dalam membentuk keterampilan berpikir komputasional siswa, namun pelaksanaannya menghadapi berbagai tantangan. Sebagai sekolah baru dengan mayoritas siswa dari latar belakang ekonomi menengah ke bawah, keterbatasan perangkat seperti laptop serta minimnya keterampilan dasar penggunaan komputer menjadi hambatan utama. Guru berupaya menyesuaikan metode pembelajaran, seperti fokus pada konsep dasar dan memanfaatkan aplikasi seluler seperti Google Colab, mengingat kondisi laboratorium komputer yang belum optimal. Gaya belajar siswa yang beragam serta keterbatasan akses internet juga memengaruhi efektivitas pembelajaran, yang masih bergantung pada LKS. Oleh karena itu, dibutuhkan media digital interaktif yang ramah seluler, mampu mendukung evaluasi, dan menjembatani kesenjangan antara kurikulum dan fasilitas yang tersedia.

SOLUSI

 

Mata pelajaran Informatika di SMAN 1 Tulungagung mengalami kendala dalam penyampaian materi dasar akibat keterbatasan perangkat, kurangnya media interaktif, dan kebutuhan belajar yang beragam. Untuk mengatasinya, dikembangkan media pembelajaran digital berbasis web yang dapat diakses melalui ponsel dan laptop. Fitur utamanya mencakup video pembelajaran, simulasi interaktif, soal latihan dengan umpan balik otomatis, serta aksesibilitas seperti teks ke suara dan pengaturan font. 

Produk ini bertujuan :

Faster

Proses pemahaman siswa terhadap konsep Informatika melalui penyampaian materi yang ringkas dan langsung dipraktikkan

Better

Kualitas pembelajaran dengan menyesuaikan metode dengan gaya belajar siswa yang beragam dan mendukung siswa berkebutuhan khusus

Cheaper

Proses pembelajaran karena tidak bergantung pada komputer mahal atau koneksi internet terus-menerus

Do More

Proses pembelajaran dengan memberikan pengalaman belajar yang lebih luas dan mandiri melalui fitur interaktif yang tidak dimiliki LKS konvensional

FITUR

Video Pembelajaran

Konten audio-visual yang menyampaikan materi secara sistematis, yang dilengkapi dengan animasi, ilustrasi, atau demonstrasi langsung.

Narasi Digital

Gabungan antara narasi dengan gambar, ilustrasi, dan teks, yang menyampaikan materi secara menarik.

Slide Pembelajaran

Materi yang disusun dalam bentuk poin-poin utama, disertai gambar/diagram untuk digunakan saat penyampaian langsung atau daring oleh guru.

Infografis

Sajian visual berisi informasi penting yang diringkas dalam bentuk gambar, ikon, dan teks singkat.

 OUR PRODUCT

VIDEO PEMBELAJARAN

INFOGRAFIS

Slide Pembelajaran

Slide Pembelajaran

NARASI DIGITAL

DOKUMENTASI

Similar Posts