ExploraGeo adalah proyek pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis pendekatan visual dan naratif untuk mendukung pembelajaran Geografi di jenjang SMA. Produk yang dihasilkan meliputi video pembelajaran, narasi digital storytelling, infografis, dan slide interaktif. Materi disesuaikan dengan kebutuhan sekolah mitra dan dikembangkan dengan tahapan instruksional ADDIE. Evaluasi awal menunjukkan peningkatan minat dan pemahaman siswa terhadap topik spasial dan mitigasi bencana.
Tentang Tim
Tentang Tim Pengembang ExploraGeo
Thariq Azam Firdaus
Project Manager
Bertanggung jawab atas perencanaan, pengorganisasian, serta pengawasan keseluruhan proyek. Mengatur timeline kerja, memastikan komunikasi antar tim berjalan baik, serta menjadi penghubung antara tim pengembang konten dan pihak stakeholder (dosen pembimbing/client).
email:
thariqazamf284@student.ub.ac.id | thariqazamfirdaus@gmail.com
“Mengelola proyek ExploraGeo memberi saya tantangan sekaligus pengalaman berharga dalam memimpin tim lintas peran. Saya belajar bagaimana mengatur alur kerja berbasis model ADDIE, menjaga komunikasi efektif dengan mitra, serta memastikan setiap produk pembelajaran selesai tepat waktu dan sesuai kebutuhan. Yang paling saya syukuri adalah bagaimana kami berhasil menyelaraskan aspek pedagogi, teknologi, dan inklusivitas dalam satu solusi digital yang utuh. Terimakasih kepada mitra, fakultas, dan tim yang sudah bekerja penuh dalam keberhasilan proyek ini.”
Winanda Kusuma Wigyantara
Content Strategist, Content Creator Slide Interaktif
Memetakan alur isi pembelajaran, menetapkan pendekatan naratif dan multimodal, serta menentukan format akhir dari masing-masing produk (video, infografis, dll). Mengembangkan dan mendesain Slide Interaktif sesuai dengan aspek interaktivitas, visual, dan multimodal.
email:
winmantara@student.ub.ac.id | winandawigyantaragmail.com
“Mengambil peran sebagai Content Strategist dan Content Creator dalam proyek ini menjadi pengalaman yang sangat berharga bagi saya. Saya bertanggung jawab mulai dari merancang strategi konten yang selaras dengan tujuan proyek, hingga menyusunnya dalam bentuk konten visual, tulisan, dan media interaktif. Proyek ini mengasah kemampuan saya dalam storytelling digital, manajemen editorial, serta kolaborasi dengan tim.”
Zakiyyah Asma Amanyna Wardani
Copywriter, Content Creator Infografis
Menulis naskah naratif, dialog, dan teks pendukung yang digunakan dalam video, infografis, serta media digital lainnya. Bertanggung jawab menjaga gaya bahasa agar komunikatif dan sesuai sasaran audiens. Mengembangkan dan mendesain infografis dengan menekankan aspek visualitas dan menarik.
email:
zakiyyahasma@student.ub.ac.id | zwardanee@gmail.com
“Sebagai Copywriter dan Content Creator dalam proyek ini, saya memperoleh pengalaman berharga dalam menyusun dan mengadaptasi konten pembelajaran untuk media digital. Terlibat sebagai talent dalam video pembelajaran juga memperdalam pemahaman saya tentang penyampaian materi yang menarik. Pengalaman ini mengasah keterampilan storytelling digital, penulisan edukatif, dan kolaborasi kreatif untuk menghasilkan konten yang inklusif dan efektif.”
Rangga Yovie Saputra
Developer Video Editor
Bertugas dalam aspek teknis pembuatan konten digital, termasuk pengolahan audio visual, animasi, serta penggabungan elemen interaktif . Menjamin hasil akhir produk dapat diakses dengan baik di berbagai media dan platform.
email:
ranggayovie@student.ub.ac.id | ranggayoviesaputra@gmail.com
“Mengambil peran sebagai Editor dan Video Editor dalam proyek ExploraGeo memberikan saya pemahaman mendalam tentang proses pascaproduksi konten edukatif. Saya bertanggung jawab dalam menyusun alur visual yang koheren, memotong dan menyusun footage, menambahkan elemen grafis, transisi, serta audio untuk memastikan materi Geografi SMA tersampaikan secara menarik dan mudah dipahami. Pengalaman ini memperkuat keterampilan teknis saya dalam editing melalui platform, seperti Canva dan Capcut, serta meningkatkan sensitivitas saya terhadap ritme visual, estetika edukatif, dan kebutuhan audiens pelajar. Selain itu, saya belajar pentingnya kolaborasi lintas peran untuk memastikan konsistensi pesan dan kualitas konten.”
Raihan Alfaizin
Product Developer
Menangani aspek teknis produksi konten digital, meliputi editing video, motion graphic, dan pengolahan audio. Memastikan integrasi visual dan audio berjalan selaras untuk menghasilkan konten yang menarik, dan informatif.
email:
raihanalfaizin@student.ub.ac.id | reyhanalfaizien@gmail.com
“ExploraGeo memberi banyak pembelajaran bagi saya, terutama tentang proses produksi konten edukatif dari penyusunan konten hingga diterima di tangan klien. Belajar bagaimana menyusun alur visual, menambahkan grafis, transisi, dan audio agar dapat tersampaikan dengan cara yang menarik dan mudah dipahami. Selama proses tersebut, saya makin terbiasa menggunakan tools dan software yang bahkan sebelumnya belum pernah saya gunakan. sekaligus menambah wawasan mengenai inovasi terbaru dalam bidang creative.
Mitra Kami
Nama Mitra:
SMA Negeri 1 Kalidawir
Profil Singkat:
SMA Negeri 1 Kalidawir merupakan institusi pendidikan menengah di Kabupaten Tulungagung yang menunjukkan komitmen tinggi terhadap pengembangan pembelajaran berbasis digital, khususnya untuk materi Geografi.
Latar Belakang & Tujuan
Siswa kelas XI dan XII di SMA mitra memiliki pemahaman Geografi yang cukup baik, tetapi menghadapi tantangan dalam memahami materi abstrak seperti pemetaan dan gejala-gejala kebumian. Gaya belajar siswa sangat beragam dan didominasi oleh kebutuhan akan visualisasi. Namun, keterbatasan fasilitas seperti proyektor yang terbatas serta akses utama siswa yang hanya melalui ponsel membuat konten digital yang berat sulit diakses. Siswa juga memiliki keterbatasan dalam pengalaman langsung dan praktik lapangan. Untuk menjawab hal ini, tim mengembangkan media pembelajaran digital berbasis video, narasi, infografis, dan slide interaktif yang ringan serta dapat diakses melalui Google Drive secara efisien tanpa membebani bandwidth, menjadikannya ramah untuk perangkat mobile dan lingkungan belajar dengan keterbatasan teknis.
Solusi
Produk yang dikembangkan dalam proyek ini dirancang untuk:
Mempercepat pemahaman konsep melalui visualisasi dan narasi.
Meningkatkan kualitas pembelajaran dengan pendekatan multimodal.
Adaptif di berbagai perangkat, baik smartphone sampai laptop/komputer.
Menjangkau lebih banyak siswa, termasuk siswa berkebutuhan khusus.
Fitur Utama
Narasi Digital
Video Pembelajaran
Infografis Visual
Slide Interaktif
Repository
Video Demo Produk
Klik disini untuk mengunjungi halaman trello workspace kami.
Gallery







