|

VibeLearn — Animate Your Learning Journey

Have You Hit Up Our YouTube Channel?

ViBeLearn adalah instructional content initiative yang bertujuan untuk mendukung pembelajaran inklusif bagi siswa sekolah menengah. Proyek ini berfokus pada pengembangan konten pembelajaran interaktif dan multimodal untuk topik Ekonomi, khususnya Lembaga Keuangan Bank dan Non-Bank. Konten yang dikembangkan mencakup video penjelasan, narasi digital, infografis, dan presentasi interaktif. Kami merancang materi pembelajaran yang memperkuat pemahaman konsep melalui pendekatan multimodal storytelling atau penceritaan multimodal.

Meet Our Team

Putri Torsia Aura Prameswary
225150607111038

Sebagai Product Manager, saya bertanggung jawab mengatur alur kerja tim, menyusun timeline, membagi tugas, serta memastikan setiap tahapan proyek berjalan lancar dan sesuai target. Saya juga turut berkontribusi langsung dalam pembuatan media pembelajaran PowerPoint interaktif. Melalui proyek ini, saya belajar banyak hal baru, mulai dari manajemen tim hingga pengembangan media yang inklusif. Bekerja sama dengan tim yang hebat dan penuh semangat menjadi pengalaman yang sangat berharga bagi saya.

Naela Nabila Mumtaza
225150607111038

Partisipasi saya dalam proyek Capstone sebagai Product Developer memberikan pengalaman yang signifikan dalam pengembangan konten pembelajaran. Saya terlibat dalam perancangan visual serta proses pengeditan video menggunakan berbagai tools digital yang menuntut ketelitian, konsistensi, dan pemahaman alur penyampaian materi yang efektif. Proses ini memperkuat keterampilan saya dalam berpikir sistematis, menyelesaikan masalah teknis, dan menghasilkan karya yang mendukung tujuan edukatif secara visual dan informatif. Selain itu, saya belajar banyak dari kolaborasi tim dan pentingnya komunikasi yang efektif dalam setiap tahapan kerja. Pengalaman ini menjadi bekal berharga bagi saya untuk terus berkembang di bidang pengembangan produk digital berbasis pendidikan.

Sinta Nuria Prawansyah
225150607111020

Sebagai Product Developer, saya bertanggung jawab dalam merancang alur kerja produk, mengoordinasikan proses pengembangan, serta memastikan setiap bagian berjalan sesuai tujuan. Proyek ini melatih saya berpikir terstruktur, berkolaborasi efektif, dan menyelesaikan masalah dengan cepat. Pengalaman ini sangat memperkaya kemampuan saya dalam mengelola pengembangan produk digital.

Venysa Adella Aulida Laily P
225150607111032

Partisipasi saya dalam proyek Capstone Bertanggung jawab dalam mengelola strategi penyampaian produk kepada audiens seperti kepada mitra. Tugas mencakup penyusunan konsep promosi, pembuatan infografis, teaser, dan deskripsi konten untuk presentasi. Juga berperan sebagai narahubung antara tim dan mitra, memastikan komunikasi berjalan lancar serta kerja sama yang selaras.

Raqia Nayyara Jayanegara
225150607111024

Sebagai Product Designer, saya bertanggung jawab merancang visual infografis, slide interaktif, video pembelajaran, dan narasi digital secara konsisten dan menarik. Fokus utama mencakup pengembangan konsep narasi digital dari segi visual, animasi, dan kekonkretan alur agar lebih mudah dipahami. Selain itu, saya juga memiliki pengalaman dalam menyesuaikan isi infografis agar lebih informatif dan interaktif, serta memastikan semua elemen visual pada video dan PPT mendukung keterlibatan siswa dan tujuan pembelajaran secara efektif. Menjadi product designer merupakan posisi yang sangat membuat saya bertumbuh untuk bidang seni digital dan juga hobi baru yang dapat saja kembangkan.

Muhamad Raihan Akbar
225150607111023

Sebagai Product Designer, saya bertanggung jawab dalam merancang dan mengembangkan berbagai materi visual edukatif, termasuk infografis, presentasi interaktif, video pembelajaran, dan narasi digital. Tugas utama saya meliputi perancangan konsep narasi digital yang kuat dari sisi visual, animasi, dan alur cerita yang jelas guna memudahkan pemahaman. Saya juga berperan dalam mengadaptasi konten infografis agar lebih informatif dan menarik secara interaktif, serta memastikan seluruh elemen visual, baik pada video maupun presentasi yang selaras dengan tujuan pembelajaran dan mampu meningkatkan keterlibatan peserta didik secara optimal.

Mitra Kami

SMA Negeri 1 Boyolangu (SMABOY) adalah sekolah menengah atas negeri yang berdiri sejak tahun 1959 di Tulungagung, Jawa Timur. Dengan visi mencetak siswa yang berprestasi, berkarakter, dan mampu bersaing secara global, SMABOY terus berkomitmen menciptakan lingkungan belajar yang aktif, inklusif, dan berkualitas. Sekolah ini meraih berbagai prestasi akademik, seperti dalam Kompetisi Sains Nasional Tingkat Kabupaten, Olimpiade Kewirausahaan Jatim, dan Lomba Kepenulisan Buku Cerita Siswa SMA/SMK se-Jawa Timur. Di bidang non-akademik, tim basket dan futsal SMABOY juga dikenal aktif dan berprestasi di berbagai turnamen tingkat daerah.

Latar Belakang & Masalah

            Proses pembelajaran Ekonomi di SMAN 1 Boyolangu masih kurang efektif karena beberapa permasalahan utama, yaitu rendahnya tingkat pemahaman siswa, kondisi kelas yang kurang kondusif, serta belum tersedianya media pembelajaran yang interaktif dan inklusif. Meskipun siswa menunjukkan preferensi belajar secara visual yang kuat, sumber belajar yang tersedia saat ini belum mampu mendukung kebutuhan tersebut secara optimal, dan pemanfaatan teknologi pendidikan masih sangat minim.

            Proyek ini bertujuan untuk mengatasi tantangan tersebut dengan mengembangkan media pembelajaran digital interaktif yang dapat meningkatkan pemahaman, mendukung gaya belajar visual, serta menciptakan lingkungan belajar yang lebih menarik dan inklusif melalui solusi berbasis teknologi.


Solusi Yang di Tawarkan

FASTER

Materi ekonomi dipahami lebih cepat lewat video, narasi digital, infografis, dan storytelling.

Presentasi interaktif dan desain inklusif mempercepat akses belajar semua siswa. Produksi konten efisien dengan Canva dan CapCut, distribusi mudah lewat YouTube.

BETTER

Media didesain menarik dan mudah dipahami, mengikuti prinsip multimedia dan inklusif.

Video, storytelling, dan infografis meningkatkan pemahaman, sementara YouTube dan fitur interaktif mendukung belajar fleksibel dan aktif.

CHEAPER

Pembuatan konten dilakukan secara cost-effective, memanfaatkan tools gratis seperti Canva dan CapCut.

Materi pembelajaran yang dihasilkan dapat digunakan secara berulang dan didistribusikan secara luas melalui platform gratis seperti YouTube

DO MORE

Media tidak hanya menyampaikan materi, tapi juga mendorong interaksi, eksplorasi mandiri, dan keterlibatan siswa.

YouTube jadi ruang belajar sekaligus diskusi, konten bisa dibuat beragam sesuai kebutuhan.


Fitur Utama / Highligt Inovasi

Video pembelajaran ini menyampaikan materi Lembaga Keuangan Bank dan Non-Bank melalui visual, audio, dan teks secara terintegrasi. Disusun dengan naskah, storyboard, ilustrasi, animasi ringan, dan musik latar dalam alur multimodal storytelling, video ini bertujuan mempermudah pemahaman peserta didik tentang peran dan jenis lembaga keuangan di Indonesia.

Infografis ini menyajikan perbedaan, fungsi, dan contoh Lembaga Keuangan Bank dan Non-Bank secara ringkas dan menarik. Dilengkapi dengan QR Code yang terhubung ke kuis interaktif di Quizizz untuk mengukur pemahaman dan meningkatkan partisipasi siswa.

Narasi digital menyajikan cerita sehari-hari terkait penggunaan layanan lembaga keuangan bank dan non-bank. Dilengkapi naskah edukatif, ilustrasi karakter, suara narator komunikatif, serta efek audio dan musik latar untuk menciptakan suasana menarik dan memperkuat pemahaman materi.

PowerPoint interaktif disusun dengan slide yang sistematis sesuai materi Lembaga Keuangan Bank dan Non-Bank, dilengkapi tombol navigasi dan animasi transisi. Dirancang untuk mendukung guru menyampaikan materi secara dinamis dan mendorong partisipasi aktif siswa, baik di kelas maupun daring.

Arsitektur Sistem

Repositori

Dokumentasi Proyek

Similar Posts