SiPintar
SIPINTAR atau Situs Pembelajaran Informatika Terpadu dan Interaktif adalah media pembelajaran digital berbasis Google Sites yang menyajikan infografis, slide interaktif, dan video pembelajaran untuk mendukung mata pelajaran Informatika. Dirancang untuk mengatasi keterbatasan media visual dan kebutuhan pembelajaran mandiri, SIPINTAR mendorong interaktivitas, aksesibilitas, serta pemahaman konsep secara mendalam. Media ini juga diharapkan menjadi model sumber belajar adaptif di era digital.
M. FAHMI KURNIAWAN - 225150600111014
Bertugas mengoordinasikan seluruh aktivitas tim proyek, mendistribusikan tugas, dan memastikan peran setiap anggota terlaksana dengan baik. Juga berperan sebagai Content Manager untuk Modul 5 (Mesin Pencari) dan Modul 8 (Pemanfaatan Media Digital), yang disajikan dalam bentuk infografis guna menyampaikan materi secara visual dan menarik.
PUBLIC RELATION & PRODUCT DEVELOPER
AHMAD BAIHAQI ADITYA PRATAMA - 225150601111010
Bertugas mengidentifikasi kebutuhan dan masalah, bekerja sama dengan tim developer guna memastikan desain bisa diimplementasikan, content manager pada modul 1 (Validasi Sumber Data), modul 3 (Sistem Operasi), modul 4 (Algoritma Sederhana), dan modul 9 (Hak Kekayaan Intelektual (HKI)) yang disajikan dalam bentuk slide presentasi
PRODUCT DEVELOPER & PUBLIC RELATION
M. AHSAN FURQON - 225150607111033
Bertanggung jawab dalam menyusun dan melakukan riset terkait bahan, teknologi, serta proses produksi untuk mendukung penyempurnaan pembelajaran. Fokus utamanya adalah mengembangkan kuis sebagai media evaluasi dari produk pembelajaran yang telah ada. Ia juga berperan sebagai content manager untuk Modul 1 hingga Modul 9, dengan keseluruhan materi disajikan dalam bentuk kuis guna memperkuat pemahaman peserta didik.
PRODUCT DESIGN & PRODUCT DEVELOPER
M. FAHMI TASSHA HOQI - 225150607111022
Bertugas melakukan riset terkait bahan, teknologi, dan proses produksi untuk mendukung pengembangan atau penyempurnaan produk pembelajaran. Ia juga terlibat dalam pembuatan storyboard sebagai dasar produksi media. Dalam proyek ini, ia menjabat sebagai content manager untuk Modul 2 (Memahami Struktur Data) dan Modul 6 (Analisis Data dengan Google Colaboratory & Visualisasi), yang disajikan dalam bentuk video pembelajaran.
PRODUCT DESIGN & PRODUCT DEVELOPER
IKHLASUL AMAL - 225150607111018
Bertanggung jawab melakukan riset bahan, teknologi, dan proses produksi untuk mendukung pengembangan konten pembelajaran. Juga terlibat dalam perancangan dan penyempurnaan produk agar lebih efektif dan relevan. Dalam proyek ini, berperan sebagai Content Manager untuk Modul 2 (Struktur Data), Modul 6 (Analisis Data dengan Google Colaboratory & Visualisasi), dan Modul 7 (Jaringan Data dan Internet). Seluruh materi disajikan dalam bentuk media digital seperti video pembelajaran, slide presentasi dan infografis.
SMAN 1 NGUNUT
SMA Negeri 1 Ngunut, yang terletak di Jalan Raya Sumberingin Kidul, Kecamatan Ngunut, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur, merupakan sekolah menengah atas negeri yang berdiri pada tanggal 20 November 1984. Dengan akreditasi A, sekolah ini menerapkan Kurikulum Merdeka dan dikelola oleh pemerintah pusat. Dipimpin oleh Kepala Sekolah Agung Ismiharto, SMAN 1 Ngunut memiliki fasilitas lengkap, termasuk 36 ruang kelas, laboratorium, perpustakaan, dan lapangan olahraga. Sekolah ini juga dikenal dengan sebutan “Wiyata Graha Amerta” dan telah meraih berbagai prestasi di bidang akademik maupun non-akademik, menjadikannya salah satu SMA terbaik di Kabupaten Tulungagung.
Latar Belakang & Tujuan
- Kurangnya pendekatan pembelajaran inovatif pada mata pelajaran Informatika di SMAN 1 Ngunut yang dapat meningkatkan pemahaman siswa terhadap konsep teknologi dan komputasi.
- Keterbatasan media visual dan interaktif yang menarik dalam proses pembelajaran, sehingga kurang mendukung penyampaian materi secara efektif.
- Minimnya akses terhadap materi pembelajaran mandiri, seperti video atau konten digital yang dapat diulang sesuai kebutuhan dan kecepatan belajar siswa.
- Metode pembelajaran yang kurang fleksibel, belum mengakomodasi keberagaman gaya belajar siswa di era digital.
- Belum optimalnya pemanfaatan teknologi multimedia untuk meningkatkan interaktivitas, keterlibatan, dan kualitas pengalaman belajar siswa.
- Merancang dan mengembangkan video pembelajaran dengan kualitas visual dan audio yang optimal untuk meningkatkan keterlibatan siswa dalam pembelajaran Informatika.
- Membuat materi visual interaktif, seperti infografis dan slide presentasi, guna mendukung pemahaman konsep-konsep utama secara lebih jelas dan menarik.
- Mengembangkan narasi digital berbasis storytelling untuk membantu siswa memahami konsep-konsep Informatika melalui pendekatan berbasis situasi nyata.
- Meningkatkan aksesibilitas pembelajaran dengan menyediakan subtitle, transkrip teks, dan deskripsi audio agar dapat menjangkau berbagai kelompok siswa, termasuk mereka yang memiliki kebutuhan khusus.
- Menguji dan mengevaluasi efektivitas konten multimedia yang dikembangkan dengan melibatkan siswa dan guru dalam proses umpan balik dan perbaikan berkelanjutan.
Solusi
Fitur Utama
Slide Interaktif
Disusun sistematis dengan alur yang jelas, dimulai dari pertanyaan pemantik untuk mendorong interaktivitas dan pemikiran kritis. Materi disajikan secara kontekstual, memadukan teori, ilustrasi praktis, dan perbandingan konsep untuk memperkuat pemahaman siswa. Didukung visual konsisten, narasi menarik, audio inklusif, serta cakupan materi lengkap dari definisi hingga aplikasi, slide ini fleksibel untuk pembelajaran mandiri maupun presentasi kelas.
Video Pembelajaran & Digital Storytelling
Disajikan dengan audio-visual jernih, transisi halus, dan durasi efektif agar tetap menarik. Narasi memperjelas isi, teks pendukung mendukung inklusivitas, dan format video kompatibel di berbagai perangkat. Konten orisinal dikembangkan sesuai kurikulum Informatika, sehingga cocok untuk pembelajaran mandiri maupun terpandu.
Infografis
Menyederhanakan konsep kompleks melalui bahasa yang mudah dipahami dan visual menarik. Infografis menampilkan alur kerja, tips praktis, dan contoh tools nyata, diperkaya data terkini, elemen grafis informatif, tata letak konsisten, dan audio inklusif, sehingga efektif untuk pemahaman kontekstual baik secara mandiri maupun diskusi di kelas.
Arsitektur Proyek
Lapisan Klient
Google Sites digunakan sebagai platform utama untuk mengakses semua konten pembelajaran secara terstruktur. Situs ini berfungsi sebagai pusat navigasi dan penyimpanan materi berupa video, infografis, serta presentasi.
Lapisan Penyajian Konten Digital
Lapisan ini memastikan konten disajikan secara menarik, mudah dipahami, dan dapat diakses oleh semua siswa. Materi berupa video berdurasi pendek dengan narasi dan animasi, infografis interaktif dengan audio, serta slide presentasi visual yang sistematis.
Lapisan Pengelolaan Konten
Produksi konten didukung oleh kombinasi software seperti CapCut, Canva, dan Figma serta perangkat keras seperti laptop, mikrofon, dan kamera. Lapisan ini menjamin kualitas teknis konten dan efisiensi proses pengembangannya.
Repositori Proyek
Jelajahi Produk Lainnya
Lihat berbagai produk edukatif lainnya yang telah kami kembangkan. Setiap karya dirancang untuk mendukung proses pembelajaran yang interaktif, informatif, dan menyenangkan.
Demo Produk
Dokumentasi




Contact Us
M. Fahmi Kurniawan
Product Manager
Ahmad Baihaqi Aditya
Public Relation & Product Developer
- Email:oppoadit315@gmail.com
M. Ahsan Furqon
Public Relation & Product Developer
- Email:ahsanfurkab@gmail.com
M. Fahmi Tassha Hoqi
Product Design & Product Developer
- Email:fahmioki94@gmail.com
Ikhlasul Amal
Product Design & Product Developer