InT-Erest: Inovasi Pembelajaran Informatika yang Interaktif dan Inklusif


Tim kami mengembangkan InT-erest, platform web interaktif untuk pembelajaran Informatika di SMAN 1 Gondang. Berisi konten multimodal (video, AR, kuis) dan dapat diakses di berbagai perangkat, proyek dua bulan ini berhasil meningkatkan keterlibatan dan pemahaman siswa, menunjukkan potensi replikasi di sekolah lain.

Partner Profile
SMAN 1 Gondang merupakan sekolah menengah atas negeri di Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur. Sekolah ini menjadi mitra dalam pengembangan media pembelajaran Informatika berbasis web yang adaptif terhadap kecepatan belajar siswa.
Meet Our Team
Mari Berkenalan dengan Anggota Tim Kami beserta Job Desc yang diambil
Amelia Vega
Project Manager
Amelia bertanggung jawab mengatur alur kerja tim dari awal sampai akhir. Ia memastikan semua tugas berjalan sesuai jadwal dan menjadi penghubung utama antar anggota. Dengan manajemen waktu yang rapi, Amelia jadi penopang utama kelancaran proyek ini

Alya Andini Prasetyo
Content Manager & Educational Designer
Alya merancang konten pembelajaran mulai dari video, infografis, sampai slide interaktif. Fokusnya adalah menyusun materi yang menarik, mudah dipahami, dan bisa dinikmati siswa dengan berbagai gaya belajar. Ia juga aktif mengembangkan naskah, narasi, dan visual yang edukatif.

Desindy Rizki Anindityas
Project Researcher
Desindy bertugas menggali kebutuhan pengguna dan menyusun strategi konten berdasarkan hasil observasi dan wawancara dengan guru. Ia memastikan setiap materi yang dikembangkan sesuai dengan kebutuhan siswa di lapangan.

Dimas Fiebry Prayhoga Putra
Web Developer
Dimas membangun website InT-erest agar tampil rapi, cepat, dan bisa diakses dengan lancar di berbagai perangkat. Ia mengembangkan platform berbasis React dan memastikan semua konten bisa ditampilkan dengan baik secara teknis.

Gurnita Salma Atmainun
UI/UX & Visual Designer
Gurnita mendesain tampilan antarmuka website agar user-friendly dan menarik secara visual. Ia menyusun tata letak, memilih warna, serta membuat ilustrasi dan elemen grafis agar materi terasa lebih hidup dan mudah dipahami.

Muhammad Hannan Abrar S
Quality Control & UX Evaluator
Hannan menguji semua fitur dan tampilan sebelum website dirilis. Ia memeriksa kesesuaian materi, kenyamanan pengguna, serta memastikan semua fungsi berjalan dengan baik dan bisa digunakan oleh semua kalangan, termasuk siswa dengan kebutuhan khusus.

Problem Statements
Masalah yang ditemukan setelah melewati proses wawancara dengan guru dari mitra terkait
Dominasi Pembelajaran Konvensional
Pembelajaran Informatika di SMAN 1 Gondang masih terbatas pada penyampaian materi secara konvensional, dengan dominasi teori dan praktikum yang belum memanfaatkan media digital secara optimal.
Tantangan Akses dan Kemampuan Siswa
Keterbatasan akses terhadap perangkat pribadi dan beragamnya kemampuan siswa dalam menggunakan teknologi menjadi tantangan tersendiri dalam proses belajar mengajar.
Ketiadaan Platform Belajar Mandiri
Selain itu, belum tersedia platform pembelajaran khusus yang memungkinkan siswa untuk belajar secara mandiri di luar kelas sesuai dengan gaya belajar mereka.
Goals
Proyek ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis web yang inklusif dan multimodal, guna mendukung fleksibilitas, aksesibilitas, dan efektivitas proses belajar Informatika di SMAN 1 Gondang.

Solusi
Untuk menjawab tantangan yang ada, kami mengembangkan InT-erest, sebuah website pembelajaran Informatika interaktif berbasis konten multimodal. Platform ini menyediakan materi dalam format beragam seperti video, animasi, storytelling, infografis interaktif, kuis, slide, hingga Augmented Reality (AR), semuanya dapat diakses mudah melalui laptop, tablet, atau smartphone.
InT-erest dirancang untuk mempercepat akses belajar mandiri (faster), meningkatkan pemahaman siswa (better), mengurangi ketergantungan fasilitas fisik (cheaper), dan memperkaya materi secara adaptif (do more). Platform ini juga mempermudah guru menyampaikan materi kompleks serta mendorong keterlibatan siswa.
Main Feature
Produk utama yang dikembangkan dalam proyek ini adalah sumber belajar digital berbasis web yang terdiri dari berbagai jenis konten edukatif





Video Pembelajaran

Materi dikemas dalam bentuk video pendek berdurasi 3–5 menit dengan narasi, animasi, dan storytelling yang mendukung pemahaman konseptual secara menarik dan kontekstual.
Infografis Interaktif

Menyederhanakan materi kompleks melalui visual yang responsif dan interaktif, dilengkapi hyperlink dan animasi ringan untuk eksplorasi mandiri.
Slide Presentasi Modular

Slide interaktif dengan integrasi multimedia yang dirancang untuk pembelajaran klasikal maupun mandiri, serta disertai latihan soal.
Kuis Interaktif dan Game Edukasi

Meningkatkan retensi belajar melalui latihan soal yang divariasikan (pilihan ganda, isian, teka-teki) dan kuis berbasis permainan.
Fitur Augmented Reality (AR)

Memberikan pengalaman belajar eksploratif dengan objek 3D yang dapat diakses langsung melalui browser tanpa perangkat tambahan.
Technology Architecture





Documentation
Keterangan: Video Demo yang menjelaskan Produk InT-Erest




Repository
Github Repository
Content Repository
Contact

Desindy Rizki Anindityas
Project Researcher
Curious by nature, I love gathering insights from the field to create content that truly fits learners' needs.
Klick for more details