AtomicLearn
Dalam upaya menjawab tantangan pembelajaran konsep abstrak Kimia di tingkat SMA, khususnya bagi siswa dengan beragam kebutuhan belajar, kami mengembangkan sebuah konten digital pembelajaran berbasis multimodal dan inklusif untuk mata pelajaran Kimia di SMA Negeri 1 Kalidawir. Proyek ini bertujuan untuk menciptakan media pembelajaran interaktif yang tidak hanya menarik, tetapi juga dapat diakses oleh semua siswa. Solusi yang dihadirkan meliputi tiga jenis produk utama: infografis, slide presentasi, dan video pembelajaran, masing-masing dilengkapi dengan fitur aksesibilitas. Pengembangan dilakukan menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation) selama kurang lebih empat bulan, mulai dari analisis kebutuhan melalui wawancara, perancangan wireframe dan storyboard, hingga implementasi konten dalam platform Google Sites. Konten yang dikembangkan mencakup infografis Stoikiometri dengan visual informatif dan audio naratif, slide presentasi Partikel Materi yang menampilkan animasi, serta video pembelajaran Elektrokimia menampilkan kombinasi visual, seperti animasi dilengkapi fitur inklusif berupa bahasa isyarat, subtitle, transkrip, dan audio. Evaluasi dilakukan melalui validasi ahli media, ahli materi dan uji respons siswa. Hasil pengujian menunjukkan produk telah memenuhi standar kelayakan isi, kegrafikan, dan aksesibilitas yang baik. Produk ini terbukti efektif mendukung pemahaman konsep abstrak kimia danĀ pembelajaran yang inklusif.
Tim Kami
Olivia Jihan Fadella
225150607111047
Nala Adani Putri
225150600111019
Wilson Hamonangan Ariyanto Hutapea
225150600111022
“Proyek ini mengajarkan saya pentingnya koordinasi tim, komunikasi yang jelas, dan adaptasi cepat terhadap perubahan. Saya belajar bagaimana mengelola alur kerja secara terstruktur dan memastikan semua anggota tim berjalan sesuai peran masing-masing”
“Mengerjakan proyek ini memperluas wawasan dalam merancang media pembelajaran digital yang inklusif dan interaktif, sekaligus memberikan pengalaman dalam menerapkan prinsip desain yang berpusat pada pengguna. Kolaborasi tim membuat setiap tahapan proyek berjalan efektif hingga menghasilkan produk yang fungsional dan bermakna”
“Mengerjakan proyek ini telah memperdalam pemahaman saya terhadap model pengembangan pembelajaran ADDIE, pentingnya prinsip inklusivitas dalam pendidikan, serta peran teknologi aksesibilitas dalam mendukung penyampaian cerita digital yang efektif. Ke depannya, saya yakin keterampilan yang saya peroleh selama proses ini akan sangat berguna dalam proyek-proyek selanjutnya. Saya menyampaikan terima kasih yang kepada tim, para mentor, serta panitia Capstone Project 2025 di FILKOM UB atas kerja luar biasa, dukungan, dan bimbingan yang telah diberikan”
Putri Nov Syawulandari Ginting
225150607111029
Theresia Surya Sabatini Simanjuntak
225150601111025
Rafly Achmad Barran
225150607111040
“Mengembangkan proyek capstone adalah perjalanan yang bermakna. Sebagai product designer dan developer media, saya bekerja dengan tim yang hebat untuk menciptakan media pembelajaran multimodal yang inklusif. Kami menggabungkan elemen visual, audio, dan interaktif untuk mendukung peserta didik yang beragam. Pengalaman ini memperdalam keterampilan saya dalam desain berpusat pada pengguna dan mengajarkan pentingnya kolaborasi dalam menciptakan solusi pendidikan yang berdampak”
“Kesan saya project menarik dan menambah pengalaman untuk pesan semoga capstone bisa berdampak positif”
“Kesan saya terhadap projek ini adalah insightful. dimana saya dapat belajar berbagai macam softskill terutama teamwork untuk mewujudkan tujuan utama dari projek yang telah kami buat”
MITRA KAMI
SMAN 1 KALIDAWIR
šLokasi sekolah
Ds. Ngubalan, Kec. Kalidawir, Tulungagung
Ā
š«š Sekilas SMA Negeri 1 Kalidawir
SMA Negeri 1 Kalidawir atau dikenal dengan sebutan SMAKalita, atau SMA K U C U R (Kreatif-Ulet-Cekatan-Unggul-rajin). Kucur sendiri di ambil dari nama sumber mata air yang berada di sekitar sekolah, yang oleh masyarakat namakan KUCUR. Lokasi sekolah berada di lerang gunung. Dari kecamatan kalidawir berjarak 4 KM.
LATAR BELAKANG
Siswa mengalami kesulitan memahami konsep kimia yang abstrak seperti struktur atom, reaksi kimia, dan elektrokimia karena tidak dapat diamati secara langsung
Pembelajaran masih mengandalkan teks dan gambar statis yang kurang efektif untuk memvisualisasikan proses kimia yang dinamis
Belum tersedia konten digital kimia dengan fitur aksesibilitas lengkap untuk mendukung pembelajaran inklusif bagi siswa berkebutuhan khusus
TUJUAN PROJECT

Merancang Konten Digital Beranimasi
Mengembangkan konten digital dengan animasi interaktif yang dapat membantu siswa memahami konsep abstrak kimia secara visual dan konkret

Implementasi Multimodal
Menciptakan konten pembelajaran kimia yang disajikan dalam berbagai modalitas (visual, audio, teks, interaktif) untuk mengakomodasi gaya belajar yang beragam

Fitur Aksesibilitas Lengkap
Mengintegrasikan fitur aksesibilitas komprehensif untuk mendukung pembelajaran inklusif bagi semua peserta didik, termasuk yang berkebutuhan khusus
Tantangan Pembelajaran Kimia
Mata pelajaran Kimia seringkali mengalami kendala dalam penyampaian konsep abstrak seperti struktur atom, reaksi kimia, dan elektrokimia. Tantangan ini diperparah dengan minimnya media pembelajaran yang interaktif dan inklusif, sehingga siswa mengalami kesulitan memahami materi yang tidak dapat diamati secara langsung.
SOLUSI
Video Pembelajaran
Video dengan animasi berkualitas tinggi dan bahasa isyarat untuk menjelaskan konsep kimia abstrak secara visual dan inklusif
Slide Presentasi Interaktif
Materi presentasi yang dilengkapi dengan elemen interaktif untuk meningkatkan engagement siswa selama pembelajaran
Infografis Statis & Interaktif
Visualisasi data dan konsep kimia dalam bentuk infografis yang menarik dan mudah dipahami dengan elemen interaktif
Google Sites Platform
Platform terintegrasi yang menghubungkan semua konten pembelajaran dalam satu ekosistem digital yang mudah diakses
Manfaat Teknologi Informasi Terintegrasi

Mempercepat Pemahaman Konsep Abstrak
Dengan visualisasi interaktif dan simulasi seperti MolView, memungkinkan siswa memahami struktur molekul dan reaksi kimia dalam hitungan menit.

Meningkatkan Kualitas Pembelajaran
Melalui fitur aksesibilitas lengkap (subtitle, transkrip, text-to-speech, dan bahasa isyarat) serta mendukung berbagai gaya belajar (visual, auditori, kinestetik).

Teknologi Terjangkau & Accessible
Memanfaatkan teknologi terjangkau (Canva, CapCut, Google Sites) sehingga konten dapat diakses siswa tanpa perlu investasi laboratorium fisik yang mahal.

Memperluas Ruang Lingkup Edukasi
Menyediakan laboratorium virtual, digital storytelling, dan konten yang dapat diakses kapan saja dari berbagai perangkat.

Dampak & Implementasi
Dengan pendekatan ADDIE (Analyze, Design, Develop, Implement, Evaluate), produk ini terbukti membantu siswa SMA Negeri 1 Kalidawir memahami materi kimia secara lebih mendalam, merata, dan menyenangkan bagi semua kalangan.
fitur utama
Video Pembelajaran Materi Elektrokimia dilengkapi fitur inklusivitas maksimal berupa bahasa isyarat, subtitle, audio narasi, dan transkrip teks untuk mendukung siswa tunarungu dan berkebutuhan khusus lainnya. Video ini menggunakan pendekatan multimodal dengan menggabungkan gambar, animasi interaktif, teks, dan narasi untuk memfasilitasi berbagai gaya belajar siswa. Fitur animasi interaktif dan visualisasi menarik membuat pembelajaran elektrokimia menjadi lebih efektif dan menyenangkan, sementara kombinasi elemen visual dan narasi membantu penguatan pemahaman konsep abstrak. Video ini juga mendukung belajar mandiri dengan fitur lengkap yang memungkinkan siswa mengakses materi kapan saja, menjadikannya solusi pembelajaran yang inklusif dan komprehensif
Ā
Slide presentasi Materi Partikel Kimia menawarkan fitur inklusif dengan audio narasi, visualisasi konsep abstrak melalui animasi dan simulasi virtual, serta navigasi interaktif untuk pengalaman belajar fleksibel. Menggabungkan teks, video, dan audio, konten ini mendukung berbagai gaya belajar visual, auditori, dan kinestetik dengan elemen intuitif yang mempermudah pemahaman materi secara efektif.
Ā
Ā
Ā
Ā
Infografis Materi Stoikiometri dilengkapi dengan fitur audio narasi yang mendukung pembelajaran inklusif bagi siswa tunanetra, visualisasi konsep abstrak melalui gambar yang mudah dipahami, dan desain edukatif dengan tata letak menarik yang mengakomodasi gaya belajar visual dan auditori. Media pembelajaran ini dirancang untuk mempermudah pemahaman materi Stoikiometri yang kompleks menjadi lebih sederhana dan menyenangkan bagi semua siswa.
Ā
ARSITEKTUR PROYEK
Lapisan Klien
Ā
Ā
Google Sites digunakan sebagai portal utama untuk mengakses seluruh konten. Berfungsi sebagai navigasi dan repositori untuk video, infografis, dan slide presentasi.
Lapisan Penyajian Konten Digital
Ā
Media pembelajaran mencakup 4 video dengan subtitle, transkrip, dan bahasa isyarat; slide presentasi interaktif berisi animasi, kuis, audio inklusif, dan tools Molview; serta 3 infografis dilengkapi animasi, kuis, audio inklusif, dan tools penyetaraan reaksi.
Lapisan Pengelolaan Konten
Ā
Ā
Konten dikembangkan menggunakan perangkat lunak seperti Canva, video editor, GitHub, dan Microsoft PowerPoint, serta didukung peralatan produksi berupa laptop, mikrofon, teleprompter, tripod, dan kamera.
REPOSITORI PROYEK
Dokumentasi Pengembangan AtomicLearn
Keterangan: Video Demo yang menjelaskan Produk AtomicLearn
KONTAK KAMI
Olivia Jihan Fadella
Product Manager
oliviajhanfa@gmail.com oliviajihan@student.ub.ac.id
Nala Adani Putri
Public Relation
nalaadaniputri20@gmail.com nalaputr@student.ub.ac.id
Wilson Hamonangan Ariyanto Hutapea
Product Developer
wilsonhutapea1@gmail.com wilsonhutapea@student.ub.ac.id
Theresia Surya Sabatini Simanjuntak
Product Developer
theresiastak@gmail.com theresiasurya@student.ub.ac.id
Putri Nov Syawulandari Ginting
Product Design
putrinovsyawulandarigtg@gmail.com putrinovs@student.ub.ac.id
Rafly Achmad Barran
Videografer & Editor
rafflesrapp@gmail.com raflybarran@student.ub.ac.id