Pendidikan Teknologi Informasi

VISI

Pada tahun 2024, menjadi program studi unggul dalam pendidikan dan pengembangan ilmu pengetahuan di bidang Pendidikan Teknologi Informasi di tingkat nasional dan internasional melalui integrasi Tri Dharma Perguruan Tinggi

MISI

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran yang efektif, efisien, akuntabel, dan berkelanjutan dengan penjaminan mutu sesuai standar nasional dan internasional dalam rangka menghasilkan lulusan sarjana Pendidikan Teknologi Informasi yang berkompeten sebagai tenaga pendidik di bidang Pendidikan Teknologi Informasi, sebagai tenaga profesional di bidang Teknologi Informasi, dan berjiwa wirausaha (entrepreneur), serta bereputasi di tingkat nasional dan internasional.
  2. Mengembangkan penelitian yang kreatif, inovatif, berkualitas dan bermanfaat dalam bidang pendidikan teknologi informasi, khususnya dalam bidang Technology-Enhanced Learning.
  3. Memberikan manfaat bagi masyarakat dalam kegiatan pengabdian secara berkelanjutan untuk menerapkan hasil-hasil penelitian di bidang pendidikan teknologi informasi khususnya bidang Technology-Enhanced Learning (T-EL) dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan bangsa.
  4. Membangun dan meningkatkan kerjasama dengan berbagai pihak di tingkat nasional maupun internasional untuk bersinergi dalam bidang pendidikan teknologi informasi guna pengembangan tri darma perguruan tinggi.

TUJUAN

  1. Menghasilkan lulusan yang berkompeten sebagai tenaga pendidik di bidang Pendidikan Teknologi Informasi, berkompeten sebagai tenaga profesional di bidang Teknologi Informasi, dan berjiwa wirausaha (entrepreneur), serta dapat dipercaya, sehingga mampu bekerjasama dan memberikan kontribusi di tingkat nasional dan internasional (world class), melalui kurikulum yang disusun dengan mempertimbangkan model kurikulum Pendidikan Teknologi Informasi pada tingkat nasional dan internasional.
  2. Menjalankan sistem pendidikan dengan penjaminan mutu sesuai standar nasional dan internasional.
  3. Meningkatkan keterlibatan civitas akademika Program Studi Pendidikan Teknologi Informasi dalam penelitian yang dapat memperkaya khasanah keilmuan di bidang Pendidikan Teknologi Informasi yang berbasis pada moral dan etika dalam rangka mengisi dan menunjang pembangunan regional maupun nasional.
  4. Meningkatkan keterlibatan civitas akademika Prodi Teknologi Informasi dalam pengabdian masyarakat dalam bentuk pembinaan, bimbingan dan konsultasi dalam rangka meningkatkan peran serta masyarakat dalam pembangunan serta melakukan pemberdayaan masyarakat yang berbasis pada moral dan etika.
  5. Meningkatkan kontribusi dan kolaborasi dengan berbagai pihak dalam masyarakat dengan mengembangkan produk dan layanan hasil inovasi dan kreasi dalam bidang Pendidikan Teknologi Informasi di tingkat regional, nasional maupun internasional.
  6. Mengembangkan sertifikasi kompetensi di bidang Pendidikan Teknologi Informasi di tingkat regional, nasional maupun internasional.

SASARAN

Pendidikan

  1. Meningkatnya mutu pendidikan di program studi Pendidikan Teknologi Informasi, terakreditasi tertinggi sesuai dengan standar nasional tertinggi dan standar minimal akreditasi internasional. Peningkatan mutu diukur berdasarkan tingkat akreditasi oleh badan akreditasi nasional dan internasional.
  2. Tersusun dan terselenggaranya kurikulum yang dinamis dan relevan dengan Pendidikan Teknologi Informasi terkini, dengan melibatkan stakeholder dan pengguna lulusan serta mengacu pada standar internasional
  3. Meningkatnya kualitas dan kuantitas dosen pengelola kurikulum program studi baik dalam hal mutu akademik maupun mutu kependidikannya
  4. Peningkatan kuantitas dosen diukur dengan rasio dosen dan mahasiswa
  5. Meningkatnya mutu proses belajar mengajar seluruh prodi menyangkut mutu perancangan, pembelajaran, dan evaluasi.

Penelitian

  1. Menjadi pusat penelitian dan pengembangan keilmuan Pendidikan Teknologi Informasi yang bermutu internasional, dengan melakukan pengkajian dan pengembangan bidang Technology-Enhanced Learning.
  2. Meningkatnya jumlah dan mutu penelitian ditandai dengan meningkatnya pemanfaatan hasil penelitian untuk diaplikasikan pada pendidikan dan pelayanan kepada masyarakat

Pengabdian

  1. Meningkatnya jumlah dan mutu pengabdian masyarakat dalam pendidikan
  2. Mengembangkan solusi pembelajaran yang didukung oleh pemanfaatan teknologi informasi

Kerjasama

  1. Kerjasama yang mampu dengan efektif mengoptimalkan resource sharing untuk pengembangan jejaring belajar.
  2. Meningkatnya kerjasama dan afiliasi di dalam dan luar negeri, dalam rangka peningkatan mutu, relevansi, dan daya saing, di bidang pengembangan institusi, pendidikan dan penelitian.
  3. Berkembangnya kerjasama Luar Negeri dalam rangka pencitraan publik secara internasional, nasional dan pengembangan kurikulum

 

Deskripsi

Dunia pendidikan menghadapi tantangan global yang terus bergerak dinamis, sehingga mengharuskan setiap individu bersaing di pasar global. Individu yang dapat menguasai informasi memiliki peluang paling besar meraih sukses. Oleh karena itu, dunia pendidikan dan teknologi informasi bagaikan dua mata pisau yang tidak dapat dipisahkan. Melalui Program Studi Pendidikan Teknologi Informasi, Universitas Brawijaya berusaha menjawab tantangan global dengan mendidik mahasiswa untuk memiliki kompetensi sebagai tenaga pendidik sekaligus memiliki kompetensi tenaga profesional IT dan entrepreneur.

Program Studi Pendidikan Teknologi Informasi memiliki misi mendidik lulusan sebagai tenaga pendidik dalam bidang Teknologi Informasi, maka lulusan memiliki kompetensi utama bidang keguruan yang meliputi kompetensi pedagogik, kompetensi profesional bidang teknologi informasi, kompetensi sosial, dan kepribadian. Lulusan menguasai dan mampu melakukan perencanaan, pengelolaan, implementasi, evaluasi pembelajaran sesuai dengan tuntutan kurikulum, serta mampu mengembangkan media pembelajaran berbasis teknologi informasi.

Selain sebagai tenaga pendidik, lulusan Pendidikan Teknologi Informasi dapat bekerja sebagai tenaga profesional dalam bidang teknologi informasi di dunia industri sehingga lulusannya mempunyai kompetensi, antara lain: (1) mampu mengimplementasikan teknologi jaringan terkini; (2) mampu mengembangkan perangkat lunak berbasis desktop, web dan mobile; (3) mampu merencanakan dan mengembangkan teknologi sistem basis data; (4) mampu memodelkan proses bisnis dan merancang solusi teknologi informasi yang tepat dan sesuai; (5) mampu merencanakan, menjalankan, dan menyelesaikan projek teknologi informasi; (6) mampu menyelesaikan permasalahan mulai instalasi sampai dengan penanganan permasalahan pada implementasi teknologi informasi; dan (7) mampu memahami konsep geospasial, menganalisa data-data geospasial, dan mampu menyajikan hasil analisa dalam bentuk peta dan aplikasi.

 

Situs Resmi: pti.filkom.ub.ac.id