Kuliah Tamu dan Rekrutmen Beasiswa Studi Lanjut NCU Taiwan

Kuliah Tamu dan Rekrutmen Beasiswa Studi Lanjut NCU Taiwan

Prof. Dr. Liang, Deron selaku Professor of Department of Computer Science & Information Engineering, College of Electrical Engineering and Computer Science, National Central University, Taiwan (NCU Taiwan) menjadi pemateri Kuliah Tamu “Research Sharing Intelligent Software System Laboratory, NCU Taiwan” di ruang H1.6 Fakultas Ilmu Komputer Universitas Brawijaya (FILKOM UB) pada Jumat (9/11/2018). Beliau juga hadir untuk menjadi interviewer bagi para peserta seleksi Rekrutmen Beasiswa Studi Lanjut di NCU Taiwan yang diadakan usai kuliah tamu.

Mengawali paparannya, Prof. Dr. Liang, Deron terlebih dahulu menyampaikan gambaran umum tentang NCU Taiwan yang didirikan sejak 1915. Berada di posisi 391 berdasarkan QS World Ranking, posisi 4 di Taiwan beradasarkan U.S. News & World Report, serta posisi 3 di Taiwan berdasarkan Google Scholar Citation. Terdapat 9 department di NCU yang meliputi College of Science, College of Hakka Studies, Center for Space and Remote Sensing Research, College of Liberal Arts, College of Engineering, School of Management, College of Electrical Engineering and Computer Science, College of Earth Science dan College of Health Science&Technology. Untuk College of Electrical Engineering and Computer Science tempat Prof. Liang mengajar, menawarkan empat macam program meliputi Computer Science & Information Engineering, Electrical Engineering, Communication engineering dan Network Learning Technology. Disampaikan pula biaya yang harus dibayar meliputi tuition fee dan credit fee yang kisarannya antara US$1.523 – US$1.773 tergantung pada jenis department dan program yang dipilih. Pendaftaran masuk NCU dibuka dua kali dalam setahun yaitu saat fall semester (Januari – Maret) dan spring semester (Agustus – Oktober). Pendaftaran dapat dilakukan secara online melalui website http://admissions.oia.ncu.edu.tw/.

Sementara itu untuk beasiswa dijelaskan Prof. Liang bahwa terdapat dua jenis beasiswa yang ditawarkan, meliputi Taiwan Scholarship dan NCU Scholarship. Untuk Taiwan Scholarship pendaftaran dibuka pada tanggal 1 Februari hingga 31 Maret setiap tahunnya melalui website http://tweduvn.org/scholarship.php. Lokasi pendaftaran terdapat di Taiwan Education Center Vietnam dan failitas yang diberikan meliputi pembiayaan tuition dan credit fee, serta monthly allowance sejumlah US$ 670 – 1000/bulan. Sedangkan untuk NCU Scholarship diberikan berdasarkan capaian atau prestasi akademik mahasiswa bersangkutan. Dimana fasilitas yang diberikan meliputi pembiayaan tuition dan credit fee, serta monthly allowance sejumlah US$ 500/bulan untuk Master students dan US$ 1.000/bulan untuk doctoral students.

Usai kegiatan kuliah tamu, acara dilanjutkan dengan interview pelamar beasiswa yang terdiri atas 31 orang untuk master degree dan 4 orang untuk program doktoral. Peserta adalah lulusan S1 dan S2 dari FILKOM UB, FT UB, UI dan UM. Interview berlangsung dalam bahasa Inggris, dimana bagi pelamar program doktoral menjalani interview langsung dengan Prof. Liang. Sementara bagi pelamar program master menjalani interview dengan beberapa dosen FILKOM lulusan NCU Taiwan. [dna]