Hasil Survey Kepuasan Masyarakat di Lingkungan Departemen Teknik Informatika Tahun 2022

Hasil Survey Kepuasan Masyarakat di Lingkungan Departemen Teknik Informatika Tahun 2022

Survei Kepuasan Masyarakat (Pengguna Jasa) Tahun 2022

Departemen Teknik Informatika (DTIF) Fakultas Ilmu Komputer (FILKOM) Universitas Brawijaya (UB) sebagai penyelenggara dan pengelola pendidikan akademik memberikan layanan kepada pemangku kepentingan yang terdiri dari civitas akademika, alumni, pengguna lulusan dan masyarakat umum. Mekanisme penyelenggaraan dan pengelolaan pendidikan akademik mengikuti ketetapan dan standar nasional yang diatur dalam SN-DIKTI dan manajemen Perguruan Tinggi. Universitas Brawijaya memberikan siklus Penetapan, Pelaksanaan, Evaluasi, Pengendalian dan Peningkatan (PPEPP) untuk menjamin kualitas kegiatan penunjang tri dharma perguruan tinggi. Untuk melakukan tahapan evaluasi, diperlukan pengukuran tingkat keberhasilan layanan berupa Survei Kepuasan Masyarakat (SKM). Universitas Brawijaya melakukan kegiatan survey Kepuasan Masyarakat secara berkala di setiap akhir tahun dengan kriteria yang sudah ditetapkan di tingkat Universitas. Dalam hal ini terdapat beberapa aspek yang perlu digali lebih dalam dari pendapat civitas akademika, sehingga DTIF perlu menyelenggarakan survey kepuasan pelanggan tambahan sebagai evaluasi internal di tingkat Departemen dan Program Studi. Pada tahun 2022 ini DTIF melakukan survei dengan penyebaran kuesioner secara online menggunakan google form baik melalui media sosial (Facebook, Instagram, WhatsApp, Mailing list UB) maupun melalui pemberitahuan surat resmi dengan harapan lebih mudah dicapai oleh responden. Survei tersebut juga digunakan untuk memenuhi kebutuhan data dukung Akreditasi Institusi Perguruan Tinggi (AIPT versi 3.0), sistem manajemen ISO 9001:2008, evaluasi perbaikan layanan UB, dan sekaligus merupakan upaya untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik di UB.

SKM dilaksanakan secara rutin dan berkala yaitu satu kali dalam setahun dengan tujuan untuk mengetahui tingkat kualitas pelayanan di tingkat Departemen Teknik Informatika sebagai bahan untuk meningkatkan kualitas pelayanan kepada pemangku kepentingan pada tahun berikutnya dan seterusnya. Hasil SKM digunakan sebagai bagian dari siklus PPEPP yang diterapkan dalam manajemen penyelenggaraan dan pengelolaan akademik di tingkat Departemen. Hasil SKM diharapkan dapat digunakan juga untuk membantu pimpinan dalam pengambilan keputusan dalam melakukan pengendalian dan peningkatan mutu Departemen Teknik Informatika.

*Laporan SKM DTIF Tahun 2022 dapat diunduh di tautan berikut (download)