Kompetensi

Definisi Teknik Komputer

Definisi Teknik Komputer: Adalah disiplin ilmu yang mewujudkan ilmu pengetahuan dan teknologi desain, konstruksi, implementasi dan pemeliharaan komponen perangkat lunak dan perangkat keras dari sistem komputasi modern, perangkat kontrol komputer, dan jaringan perangkat cerdas. Teknik komputer menekankan pada teori dan prinsip komputasi, matematika, sains, dan keteknikan, untuk diterapkan pada penyelesaian masalah teknis pada perangkat komputasi, perangkat lunak, dan jaringan (Association for Computing Machinery (ACM); IEEE Computer Society, 2015).

Karakter Lulusan Teknik Komputer

  1. Memiliki kemampuan untuk desain komputer, sistem berbasis komputer dan jaringan termasuk didalamnya perangkat keras dan perangkat lunak ataupun integrasi keduanya untuk memecahkan masalah-masalah terkini. Definisi desain sendiri adalah tingkat kemampuan diatas sekedar “perakitan” atau “konfigurasi” sistem.
  2. Memiliki kemampuan yang baik dalam bidang matematika, rekayasa keilmuan, dan lingkup keteknikan yang lebih luas diluar bidang kemampuan teknik komputer itu sendiri.
  3. Memiliki sikap dan etika professional dalam dunia keteknikan.

Profil Lulusan S1 Program Studi Teknik Komputer

                Profil lulusan ditentukan dengan mempertimbangkan masukan dari Asosiasi [APTIKOM , 2015], ACM [Association for Computing Machinery (ACM); IEEE Computer Society, 2015], ketersediaan lapangan kerja, tracer study alumni, dan sumberdaya manusia. Berdasarkan masukan tersebut, ditentukan profil lulusan S1 Program studi Teknik Komputer adalah sebagai berikut:

Programmer (Contoh profesi: Programmer, Embedded Software Developer, Embedded Software Tester, Firmware Engineer)

Memiliki kemampuan perancangan, pengembangan perangkat lunak pada perangkat berbasis komputer dan jaringan, dilengkapi dengan kemampuan merancang dan mengimplementasikan basis data sebagai bagian dari sistem berbasis komputer.

Perekayasa Sistem Komputer & Embedded System (Contoh profesi:  Computer Engineer/ Computer System Engineer, Embedded System Engineer, Firmware Engineer)

Memiliki kemampuan untuk merencanakan, mendesain, mengimplementasikan, menganalisis, memelihara dan mendokumentasikan solusi utuh dari sistem berbasis komputer baik untuk pemanfaatan perangkat keras maupun perangkat lunak. Profil lulusan tersebut juga memilki pemahaman yang mendalam terkait arsitektur dan organisasi komputer, arsitektur sistem terdistribusi serta pemrosesan parallel.Profil lulusan ini juga dilengkapi dengan kemampuan untuk merencanakan, mendesain, mengimplementasikan, menganalisis, memelihara dan mendokumentasikan  perangkat keras dasar, sistem operasi, dan aplikasi low level untuk melakukan komputasi dengan target real time dan sumber daya terbatas. Profil ini dilengkapi dengan kemampuan mahasiswa  dalam melakukan interfacing, pemilihan model komunikasi antar perangkat, model perangkat bergerak, I/O, akusisi data, aktuator dan fitur low power.

Perekayasa Jaringan Komputer (Contoh profesi: Network Engineer/Network Administrator)

Memiliki kemampuan untuk merencanakan, mendesain, mengimplementasikan, menganalisis, memelihara dan mendokumentasikan infrastruktur jaringan komputer pada Local Area Network (LAN), Wide Area Network (WAN), dan Internet, serta memiliki kemampuan dalam penggunaan aplikasi dan perangkat testing sebagai alat bantu pekerjaan dan mampu mengoperasikan perangkat-perangkat jaringan komputer, manajemen bandwidth dan implementasi keamanan pada tingkat jaringan.

Perekayasa Sistem dan layanan berbasis Jaringan (Contoh Profesi: Server Administrator, System Administrator)

Memiliki kemampuan untuk merencanakan, mendesain, mengimplementasikan, menganalisis, memelihara dan mendokumentasikan infrastruktur server baik untuk perangkat keras, perangkat lunak dan sistem operasi. Mampu mengimplementasikan dan melakukan analisa aplikasi pemberi layanan (service), infrastruktur pembagian beban layanan (load balancing), pengelolaan sistem secara terdistribusi (cloud) dan manajemen sumber daya dinamis (virtualization).Memiliki kemampuan dalam manajemen backup dan restore dilengkapi dengan pemahaman dan kemampuan mengelola sistem keamanan ditingkat infrastruktur.

Perekayasa sistem cerdas dan otomasi (Smart System Engineer/developer)

Memiliki kemampuan untuk melakukan integrasi bidang ilmu teknik komputer dan penerapan algoritma kecerdasan buatan untuk menyelesaikan permasalahan. Profil ini dilengkapi dengan kemampuan dalam melakukan akuisisi data melalui sensor, pengenalan sinyal, suara, atau citra untuk dikomputasi dengan mekanisme kontrol, dan menentukan proses aktuator.

Capaian Pembelajaran Kurikulum Program Studi Teknik Komputer

Capaian Pembelajaran disusun berdasarkan visi keilmuan dan analisis kebutuhan dari data tracer study dan pengguna lulusan. Adapun pada penyusunan kurikulum, tim mendapatkan masukan sebagai berikut (detail dilampirkan)  :

  1. Pemahaman kuat terkait dasar teknologi informasi/sistem berbasis komputer yang menuntut mahasiswa agar mampu bekerja secara mandiri dan belajar teknologi baru secara cepat.
  2. Ada baiknya mahasiswa dibekali pengetahuan yang lebih mendalam dalam bidang siklus hidup pengembangan sistem. Dimana kecenderungan mahasiswa diarahkan untuk menjadi programmer atau system developer. Sedangkan kompetensi lain seperti analyst, tester / test developer, architect kurang tergali lebih dalam.
  3. Perubahan kecenderungan yang ada, yang menganggap programmer/system developer adalah salah satu pekerjaan yang lebih superior dibandingkan dengan pekerjaan yang lain yang lain (verification test developer, validation test developer, quality assurance). Pada dasarnya setiap posisi memiliki bobot yang sama dalam hal karir, bobot pekerjaan, dan juga tantangannya.
  4. Menciptakan output mahasiswa yang expert dalam bidang embedded system maupun computer.
  5. Memiliki etika yang baik dan pekerja keras.
  6. Memiliki jiwa wirausaha yang tinggi

Capaian Pembelajaran terkait Rumusan Sikap berdasarkan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 49 Tahun 2014 Tentang Standar Nasional Perguruan Tinggi.

Setiap Lulusan program pendidikan akademik, vokasi, dan profesi, harus memiliki sikap sebagai berikut:

  1. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religious.
  2. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral dan etika.
  3. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila,
  4. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa.
  5. Menghargai keaneka ragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain.
  6. Bekerja sama dan memiliki kepekaan social serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan.
  7. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara.
  8. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik.
  9. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan dibidang keahliannya secara mandiri.
  10. Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan. 

Capaian Pembelajaran terkait Rumusan Keterampilan Umum berdasarkan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 49 Tahun 2014 Tentang Standar Nasional Perguruan Tinggi.

  1. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya.
  2. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu dan terukur.
  3. Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni, menyusun deskripsi saintifik hasil kajiannya dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi.
  4. Menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi.
  5. Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya berdasarkan hasil analisis informasi dan data.
  6. Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega ,sejawat baik didalam maupun di luar lembaganya.
  7. Mampu bertanggung jawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervise dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggung jawabnya.
  8. Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada dibawah tanggung jawabnya dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri.
  9. Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi.

Langkah penyusunan capaian pembelajaran pada kurikulum S1 Program Studi Teknik Komputer dimulai dengan menentukan capaian pembelajaran profil lulusan yang dideskripsikan pada Tabel  1 dan Tabel  2.

Tabel 1 Profil Lulusan dan Capaian Pembelajaran S1 Program Studi Teknik Komputer

No

Profil lulusan

Capaian Pembelajaran

1.

Programmer

Memiliki kemampuan perancangan, pengembangan perangkat lunak pada perangkat berbasis komputer dan jaringan, dilengkapi dengan kemampuan merancang dan mengimplementasikan basis data sebagai bagian dari sistem berbasis komputer.

2.

Perekayasa Sistem Komputer & Embedded System

Memelihara dan mendokumentasikan solusi utuh dari sistem berbasis komputer baik untuk pemanfaatan perangkat keras maupun perangkat lunak. Profil lulusan perekayasa sistem komputer & embedded system juga dilengkapi dengan kemampuan untuk merencanakan, mendesain, mengimplementasikan, menganalisis, memelihara dan mendokumentasikan  perangkat keras dasar, sistem operasi, dan aplikasi low level untuk melakukan komputasi dengan target real time dan sumber daya terbatas. Profil ini dilengkapi dengan kemampuan mahasiswa  dalam melakukan interfacing, pemilihan model komunikasi antar perangkat, model perangkat bergerak, I/O, akusisi data, aktuator dan fitur low power.

Profil lulusan tersebut juga memilki kemampuan khusus yaitu pemahaman yang mendalam terkait arsitektur dan organisasi komputer arsitektur sistem terdistribusi serta pemrosesan parallel. 

3.

Perekayasa Jaringan Komputer

Memiliki kemampuan untuk merencanakan, mendesain, mengimplementasikan, menganalisis, memelihara dan mendokumentasikan infrastruktur jaringan komputer pada Local Area Network (LAN), Wide Area Network (WAN), dan Internet, serta memiliki kemampuan dalam penggunaan aplikasi dan perangkat testing sebagai alat bantu pekerjaan dan mampu mengoperasikan perangkat-perangkat jaringan komputer, manajemen bandwidth dan implementasi keamanan pada tingkat jaringan. Profil lulusan perekayasa jaringan komputer juga memiliki kemampuan khusus dalam mengimplementasikan teknologi jaringan sensor nirkabel dan integrasinya dengan ranah Internet of Things  (IoT).

4.

Perekayasa Sistem & sumber daya  layanan Jaringan

Memiliki kemampuan untuk merencanakan, mendesain, mengimplementasikan, menganalisis, memelihara dan mendokumentasikan infrastruktur server baik untuk perangkat keras, perangkat lunak dan sistem operasi. Mampu mengimplementasikan dan melakukan analisa aplikasi pemberi layanan (service), infrastruktur pembagian beban layanan (load balancing), pengelolaan sistem secara terdistribusi (cloud) dan manajemen sumber daya dinamis (virtualization).  Memiliki kemampuan dalam mengimplementasikan fault tolerance computer system termasuk didalamnya mekanisme backup dan restore dilengkapi dengan pemahaman dan kemampuan mengelola sistem keamanan ditingkat infrastruktur.

5.

Perekayasa sistem cerdas dan sistem otomasi

Memiliki kemampuan untuk melakukan integrasi bidang ilmu teknik komputer dan penerapan algoritma kecerdasan buatan untuk menyelesaikan permasalahan. Profil ini dilengkapi dengan kemampuan dalam melakukan akuisisi data melalui sensor, pengenalan sinyal, pengenalan suara, atau citra untuk dikomputasi. Proses hasil komputasi dilanjukan pada  proses analisa data, mekanisme kontrol, dan menentukan proses aktuator.

Tabel 2 Jenjang Kualifikasi Level 6 S1 Teknik Komputer Capaian Pembelajaran Pada Rumusan Sikap, Pengetahuan, Keterampilan Umum, dan Keterampilan Khusus Program Studi S1 Teknik Komputer

Jenjang Kualifikasi Level 6
S1 Teknik Komputer

Sikap

1

Sesuai dengan KKNI terkait Rumusan Sikap

Pengetahuan

1

Menguasai konsep dasar dan teoritis terkait dengan keilmuan komputer di bidang matematika , dan dasar elektronika

Keterampilan Umum

1

Sesuai dengan KKNI Terkait Rumusan Keterampilan Umum

2

Memiliki kemampuan programming high & low level serta perancangan dasar dan implementasi basis data.

3

Memiliki kemampuan mendesain, merancang, maupun menganalisis bidang arsitektur dan organisasi sistem komputer , serta sistem tertanam

4

Memiliki kemampuan mendesain merancang , maupun, menganalisis arsitektur/infrastuktur jaringan komputer .

5

Memiliki kemampuan menerapkan prinsip rekayasa dalam pengembangan maupun pengelolaan sistem berbasis komputer.

Keterampilan Khusus

1

Memiliki kemampuan spesifik pada rekayasa perangkat cerdas dengan mengimplementasikan dan menganalisis teknik akuisisi data ataupun pengolahan citra suara dan gambar, metode seleksi, klasifikasi, kontrol, beserta integrasinya dengan perangkat komunikasi dan aktuator dalam wujud sistem berbasis komputer.

2

Memiliki kemampuan spesifik pada rekayasa sistem komputer perancangan atau implementasi arsitektur dan infrastruktur sistem komputasi modern terkait implementasi topologi dan protokol pada jaringan sensor nirkabel kebutuhan pengelolaan sumber daya komputasi secara real time (deterministic) , Fault tolerance dan High performance computer system.

 

 

Share