History

Keilmuan Teknik Komputer sebelumnya merupakan bagian dari keilmuan Teknik Elektro dan telah berkembang menjadi bidang keilmuan tersendiri sesuai dengan yang telah dideskripsikan pada Computing Curricula ACM 2016 Menurut Computing Curricula, saat ini bidang keilmuan Komputer telah berkembang menjadi bidang ilmu spesifik yang terdiri dari Ilmu Komputer/Informatika, Teknik Komputer, Sistem Informasi, Teknologi Informasi, dan Rekayasa/Teknik Perangkat Lunak.Keilmuan Teknik Komputer memiliki irisan dengan bidang ilmu Teknik Elektro dan Ilmu Komputer/Teknik Informatika namun memiliki fokus pada bidang Sistem Komputasi Modern, Perangkat Kontrol Komputer, dan Jaringan Perangkat Cerdas. Secara umum Keilmuan Teknik Komputer dipandang sebagai bidang keilmuan desain komputer, tidak sebatas itu, Teknik Komputer juga mendorong dan memajukan kemampuan komputer dan mikro elektronik saat ini di berbagai bidang.

Picture1

Program Studi S1 Teknik Komputer Universitas Brawijaya berdiri pada tahun 2011 sebagai keminatan pada Program Studi Teknik Informatika dengan melihat perkembangan keilmuan yang terdapat pada Computing Curricula di ACM dan Kebutuhan lulusan akan bidang keilmuan Teknik Komputer. Program Studi S1 Teknik Komputer berdiri atas gagasan Ir. Sutrisno, M.T., Himawat Aryadita, S.T., M.Sc, dan Heru Nurwarsito, S.T., M.T dibantu oleh Dr.Eng Fitri Utaminingrum, S.T., M.T,, Adharul Muttaqin, S.T., M.T., Sabriansyah Rizqika Akbar, S.T., M.Eng, Rekyan Regasari R.M.P., S.T., M.T., Barlian Henryranu, S.T., M.T., dan Eko Setiawan, S.T., M.T. Secara resmi Program Studi S1 Teknik Komputer berdiri pada tahun 2016 dengan SK No. 63 / KPT / I / 2016 dan saat ini telah terakreditasi B dengan SK 1499/SK/BAN-PT/Akred/S/V/2017.

Ketua Program Studi S1 Teknik Komputer pertama kali adalah Bapak Himawat Aryadita, S.T., M.Sc, dilanjutkan dengan Bapak Adharul Muttaqin, S.T., M.T. Program Studi Teknik Komputer sebagai Ketua Program Studi Komputer Periode 2012-2016. Kerja keras beliau dilanjutkan oleh Sabriansyah R.A, S.T., M.Eng selaku ketua program studi saat ini. Program Studi S1 Teknik Komputer Universitas Brawijaya berada dibawah pengelolaan Jurusan Teknik Informatika dan Fakultas Ilmu Komputer.

 

Share